Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Raih Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9516.jpg

    BANDUNG - Di hari jadinya yang ke-69, Provinsi Jawa Barat menerima penghargaan Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan atau penghargaan Pembina Desa Sadar Hukum 2014 dari Kementerian Hukum dan HAM RI yang diberikan langsung Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsudin kepada Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di Aula Barat Gedung Sate, Jl. Diponegoro Nomor 22, Bandung, Selasa siang (19/8).

    Hal ini merupakan peristiwa monumental dalam sejarah, karena Provinsi Jawa Barat meresmikan 675 Desa/Kelurahan dan sekaligus pemecah rekor yang sebelumnya diraih Provinsi Jawa Tengah sebanyak 132 Desa/Kelurahan. 

    "Ini merupakan peristiwa monumental dan sejarah bagi Kementerian Hukum dan HAM. Dan merupakan kado bagi Provinsi Jawa Barat yang sedang merayakan hari ulang tahunnya", ujar Menkumham dalam sambutannya.

    Pada tahun ini, Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Jawa Barat meningkat 15,05% atau 897 dari 5.962 Desa/Kelurahan di Jawa Barat. 

    "Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Jawa Barat berjumlah 898, hampir seribu kurang 102 lagi. Kalau sudah mencapai seribu, mungkin Jabar akan menjadi Provinsi dengan Desa/Kelurahan sadar hukum terbanyak di Indonesia", harap Gubernur dalam sambutannya. 

    Gubernur menambahkan hal ini harus ditingkatkan dan harus dilakukan secara sinergis dan berkesinambungan melalui pembinaan dan penyuluhan Hukum & Ham.

    Sebuah desa/kelurahan yang telah dibina dan memenuhi kriteria sebagai Desa/Kelurahan Sadar Hukum diantaranya: telah melunasi pembayaran PBB minimal 90%, angka kriminalitas rendah, tidak ada perkawinan di bawah umur, kasus narkoba rendah, menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, serta angka putsu sekolah rendah bahkan ditiadakan.

    Acara yang juga dihadiri Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham, Wicipto Setiadi dan Kanwil Kemenkumham Jabar ini diberikan pula penghargaan Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan kepada hampir seluruh Bupati/Walikota di Jawa Barat, Bupati Garut sebagai inisiator perlombaan Pelajar Sadar Hukum se-Kabupaten Garut, serta SMK Negeri 7 Kab. Garut sebagai Pemenang Juara Perta lomba Pelajar Sadar Hukum dan 4 Desa/Kelurahan yang mewakili 675 Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Jawa Barat, yaitu: Desa Sukamanah Kec. Cisaat Sukabumi, Desa Benteng Kec. Campaka Kab. Purwakarta, Desa Karangmalang Kec. Karangsembung Kab. Cirebon, serta Desa Jajawar Kec. Banjar Kota Banjar.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus