Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Indramayu Kirim 12 Santri Takhasus

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9401.jpg

    INDRAMAYU 6/8/2014 – Sebanyak 12 santri yang berasal dari Kabupaten Indramayu dilepas secara resmi oleh Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah untuk diberangkatkan ke beberapa pondok pesantren (ponpes). Pelepasan santri tersebut dilaksanakan, Rabu (6/8) di Pendopo Kabupaten Indramayu,

    Keberangkatan tersebut merupakan langkah konkret dari Baznas Indramayu yang memberikan bantuan pendidikan kepada para santri dari keluarga tidak mampu, atau dengan nama santri Takhasus dengan membiayai santri di pesantren-pesantren yang sudah dipilih hingga mereka menyelesaikan pendidikannya dan kembali lagi ke tengah-tengah masyarakat.

    Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah seperti yang dirilis Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu berpesan , agar para santri untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini karena telah dibiayai oleh Baznas yang sumber dananya berasal dari zakat profesi yang diambil dari para PNS setiap bulan.

    “Gunakanlah kesempatan ini sebaik-baiknya agar ilmu yang didapat dapat diamalkan di masyarakat kelak, biaya yang digunakan untuk menuntut ilmu ini merupakan amanah dari para pemberi zakat sehingga harus benar- benar bisa dimanfaatkan,” pinta bupati.

    Seperti diketahui, program Santri Takhasus ini sudah dijalankan oleh Baznas Indramayu yang dimulai pada tahun 2000 hingga sekarang. Sudah terhitung 67 santri yang menyelesaikan masa pendidikannya di ponpes-ponpes berbeda dan dibiayai oleh Baznas dari tahun 2000 hingga 2014. Beberapa pondok pesantren yang menjadi tempat belajar santri tersebut yakni Kempek, Babakan Ciwaringin, dan Lirboyo.

    Bupati menambahkan, sekiranya setelah kembali dari menamatkan pendidikannya, para santri dapat mengamalkan dan mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di tengah-tengah masyarakat nanti.

    Sementara itu salah seorang santri Ahmad Fauzi yang berasal dari Desa Lohbener Lor Kecamatan Jatibarang mengatakan, dirinya ingin sekali menuntut ilmu di ponpes Lirboyo namun sebelumnya tidak bisa terealisasi karena keadaan ekonomi orang tua yang kurang memadai. Namun kini dengan bantuan Baznas dirinya bisa menempuh ilmu di ponpes favorit tersebut. Dirinya berjanji tidak akan menyia-nyiakan kesempatan itu karena program ini sangat bermanfaat dan akan memanfaatkan ilmu yang nantinya akan didapat.

    “Kami berterima kasih sekali kepada Baznas yang sudah membantu kami dalam meneruskan pendidikan,anak kami dan terima kasih juga kepada Ibu Bupati Anna yang sudah mendukung program ini,” ujar Fauji.

    Pelepasan santri tersebut selain dihadiri langsung Bupati Indramayu juga dihadiri Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Ketua Baznas Indramayu, Ketua MUI, santri, dan wali santri itu sendiri. (Rendi / Deni / Humas Pemkab Indramayu)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus