Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Harga Bahan Makanan yang Melonjak Picu Inflasi Februari

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8407.jpg

    BANDUNG-Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat menginformasikan inflasi Februari 2014 mencapai 0,45%. Inflasi banyak dipicu oleh naiknya harga bahan makanan. Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Jabar Dody Gunawan Yusuf mengatakan inflasi pada Februari ini paling besar disumbang oleh indeks kelompok pengeluaran bahan makanan yang tercatat mengalami inflasi 1,93%.

    "Kenaikan harga komoditas khususnya beras yang rata-rata naik 2,7% ini disebabkan oleh buruknya cuaca seperti banjir yang akhirnya membuat ketersediaan stok beras menjadi berkurang," katanya di kantor BPS Jabar, Jalan Surapati.

    Kelompok pengeluaran lain yang tercatat mengalami inflasi di Jabar antara lain  kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0,23%, perumahan Air, Listrik, Gas, dan Bahan Bakar 0,05%, kelompok sandang sebesar 0,18%. Kelompok kesehatan sendiri menyumbang 0,05%, pendidikan, rekreasi dan olahraga 0,06%, tranportasi, komunikasi dan jasa keuangan 0,03%.

    Dari tujuh kota pantauan indeks harga konsumen (IHK) yang disurvei oleh BPS Jabar, seluruh kota  mengalami inflasi. Tertinggi terjadi di Kota Tasikmalaya 0,71%, diikuti Kota Sukabumi sebesar 0.62%, Kota Depok 0,54%, Kota Bekasi 0,43%, Kota Bandung 0,39%, Kota Cirebon 0,37%, dan Kota Bogor 0,35%. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus