Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati Hadiri Peluncuran Perdana Honda Mobilio Dari Honda Prospect Motor

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8046.jpg

    KARAWANG- Pertumbuhan Industri dan investasi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terus meningkat. Salah satunya terlihat pada Peresmian Pabrik keduanya PT. Honda Prospect Motor, Pembanguna tersebut bertujuan untuk dapat lebih Optimal secara Kuantitas dalam memproduksi Mobil – Mobil guna memenuhi pangsa Pasar di Indonesia maupun luar Negri.  Acara tersebut dipadukan pula dengan peluncuran item baru dari Honda yaitu Honda Mobilio.

    Turut hadir Mentri Perindustrian Republik Indonesia M.S.Hidayat, Bupati  Karawang, H. Ade Swara didampingi Asisten Pembangunan Drs.H.Ramon Wibawa Laksana,M.Si, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Mr Yoshinori Katori, dan Dirjen Industri Unggul Berbasis Teknoloi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi di Kawasan Industri Mitra (KIM) Karawang, Rabu (15/01).

    Keberadaan pabrik baru tersebut menambah jumlah dana investasi Honda di Indonesia, khususnya di Kabupaten Karawang, yaitu sebesar Rp. 3,1 triliun. Hal ini seiring upaya Honda untuk meningkatkan kapasitas produksi dari sebelumnya 60.000 unit per Tahun menjadi 180.000 unit per Tahun. Pabrik Honda di Kab. Karawang sendiri saat ini telah memproduksi dan mengekspor, baik mobil maupun beragam komponen pendukungnya, seperti part mesin maupun part body yang Kandungan Lokalnya mencapai 86 %.

    Pabrik baru Honda yang baru tersebut berlokasi tepat dibelakang pabrik pertama, memiliki luas total bangunan mencapai 95.000 meter persegi. Pabrik baru tersebut diperkirakan akan menyerap 2.000 hingga 5.000 tenaga kerja baru, dan diproyeksikan untuk memproduksi model-model kendaraan baru, termasuk Honda Mobilio.

    Sebagai model yang dirancang untuk Indonesia, Honda Mobilio cukup sesuai dengan kebutuhan Konsumen dan Kondisi jalan di Indonesia, dengan harga yang terjangkau namun tetap mempertahankan standar Kualitas tinggi Honda, tak hanya itu, sesuai dengan Slogan yang diusung “Banyak Kelebihan,Banyak Keunggulan”, Honda Mobilio bahkan juga menghadirkan berbagai keunggulan dibanding dengan model lain di kelasnya.

    Honda Mobilio sendiri pertama kali diperkenalkan di ajang World Premiere di Indonesia International Motor Show. Jakarta 20 September 2013 lalu. Ajang tersebut juga menandai dibukanya pemesanan Honda Mobilio di Indonesia. Setelah acara pelepasan ini, PT.Honda Prospect Motor juga berencana untuk melakukan pengiriman Honda Mobilio kepada Konsumen yang dimulai pada Tanggal 25 Januari 2014 mendatang.

    Bupati Karawang, H. Ade Swara dalam kesempatan tersebut mengatakan, sejak diterbitkannya Kepres Nomor 53 Tahun 1989 tentang : “Pengembangan Kawasan Industri”. Kabupaten Karawang telah ditetapkan sebagai pengembangan Kawasan Industri.  jumlah Industri di Kabupaten Karawang telah mencapai 9.920 unit yang terdiri dari industri penanaman modal asing 486 unit, penanaman modal dalam negeri 213 unit, non fasilitas 207 unit serta industri kecil 9.014 unit. dari ribuan industri tersebut, Kabupaten Karawang juga telah menjadi pilihan tempat melaksanakan kegiatan produksi dari para produsen otomotif besar. termasuk diantaranya adalah PT. Honda Prospect Motor yang telah menjadikan Kabupaten Karawang sebagai basis produksi, assembly (perakitan), dan distribusi mobil Honda di Indonesia sejak tahun 2003.

    Lebih lanjut Bupati mengatakan, dalam kurun waktu tersebut, keberadaan PT. Honda Prospect Motor dan industri-industri lainnya tersebut di Kabupaten Karawang tentunya turut memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi Daerah serta peningkatan kesejahteraan Masyarakat. atas dasar itulah, saya beserta seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Karawang terus berupaya untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif di Kabupaten Karawang, dan terus mengajak seluruh Masyarakat Kabupaten Karawang menjadi bagian dalam upaya meningkatkan investasi daerah, guna menciptakan lapangan kerja baru, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan daya beli Masyarakat”,imbuhnya.

    Bupati melanjutkan, upaya Pemerintah Daerah dan Masyarakat Karawang dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif tentunya perlu ditindaklanjuti oleh kalangan Investor, Pengusaha dan Perusahaan untuk terus mengembangkan Perusahaan dan sehingga mampu memberikan nilai tambah bagi Masyarakat di sekitarnya. dalam hal ini, arah dan kebijakan pengembangan Perusahaan hendaknya tidak semata-mata menguntungkan perusahaan saja, melainkan juga dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap perkembangan dan kesejahteraan Masyarakat" tuturnya

    Menurut Bupati, Hal lain yang tidak kalah penting adalah persoalan pengelolaan limbah Industri. saya percaya, PT. Honda Prospect Motor sebagai perusahaan yang sarat akan Teknologi, tentunya telah memiliki konsep pengelolaan limbah yang baik. hal ini, tentunya sejalan dengan salah satu misi Pembangunan Kabupaten Karawang, yakni “MENINGKATKAN DAYA DUKUNG DAN DAYA TAMPUNG LINGKUNGAN HIDUP".

    Di sisi lain, President Director PT. HPM, Tomoki Uchida mengatakan, “Hari ini merupakan hari yang istimewa bagi Honda Prospect Motor dengan peresmian Pabrik kedua di Karawang, yang juga menandai dimulainya produksi dan pemasaran Honda Mobilio secara resmi di Indonesia. Honda Mobilio akan menjadi produk istimewa bagi Honda di Indonesia karena secara khusus dirancang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan karakter jalan di Indonesia dengan harga yang terjangkau”, tegasnya. (@opa)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus