Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Membongkar Kesan Bonsai Elitis

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_7885.jpg

    CIMAHI-Selama ini  masyarakat menganggap bahwa para penggemar atau “pemain” bonsai adalah orang-orang elit. Harga bonsai selangit. Padahal sebanarnya, penggemar bonsai atau pemain bonsai bukan hanya kalangan elit, tapi juga tak sedikit dari kalangan masyarakat lainnya. Harga bonsai juga banyak yang terjangkau atau tidak mahal.

    “Itulah sebabnya, Perhimpunan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Bandung menggelar Kegiatan Pameran dan Kontes Bonsai RT-An di Kota Cimahi. Kami ingin membongkar kesan bonsai elitis. Bonsai tidak hanya bisa dimiliki oleh kalangan elite saja, melainkan juga bisa dimiliki oleh kalangan masyarakat lainnya,” kata Ketua PPBI Cabang Bandung, Tedi Priatna pada Pembukaan Pameran dan Kontes Bonsai RT-An di Halaman Samping Simply Valore Hotel, The Edge, Jalan Raya Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Minggu (15/12).

    Pameran dan Kontes Bonsai RT-An tersebut, menurut Tedi, dalam rangka mendekatkan bonsai dengan masyarakat. Tidak semua bonsai itu harganya mahal. Hanya saja, dalam perawatannya, tanaman bonsai itu perlu ketelatenan dan kesabaran.
    Tedi mengungkapkan, Kota Cimahi termasuk salah satu sentra bonsai di Wilayah Bandung Raya yang cukup potensial. Sudah banyak bonsai-bonsai yang dihasilkan oleh penggemar bonsai di Kota Cimahi, termasuk kualitas tinggi, sehingga Kota Cimahi sebagai salah sentra bonsai dikenal oleh penggemar bonsai dari luar Bandung Raya atau bahkan dari luar Jawa Barat.

    Berdasarkan pantauan jabarprov.go.id, dalam pameran dan kontes bonsai tersebut, lebih dari 100 tanaman bonsai berbagai jenis tanaman dan ukuran dipamerkan. Antara lain bonsai jenis tanaman seribu bintang, selakopa, cemara sinensis, cemara sargentis, sapu-sapu, lada-lada, cemara duri, beringin, ki perak, phusu, ulmus, bougenville dan cendrawasih.

    Pameran dan kontes bonsai RT-An tersebut, diikuti oleh para penggemar bonsai se-Bandung Raya dan luar Bandung Raya , antara lain penggemar bonsai dari Kabupaten Subang. Pameran dibuka oleh Kepala Dinas Pertamanan Kota Cimahi, Budi Raharjo mewakili Walikota Cimahi, Hj. Atty Suharti. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus