Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pencanangan Listrik Perdesaan Jabar Caang

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/lides.jpg

    KARAWANG-Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan mengunjungi Desa Cikampek Selatan Kabupaten Karawang dalam rangka Pencanangan Listrik Perdesaan yang di selenggarakan oleh Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat Senin (10/12) Siang, Hadir Rombongan Penerima Listrik desa (Lindes) Gratis dari 11 Kota/kab Se-Jawa Barat Wilayah I II dan IV.

    Gubernur Jabar Ahmad Heryawan berharap, fasilitas listrik gratis yang diberikan, selain digunakan untuk kebutuhan rumah tangga juga dapat dimanfaatkan dalam kegiatan produktif, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kepada pemerintah Kabupaten/Kota Gubernur meminta agar mengalokasikan anggarannya untuk pembangunan Listrik Pedesaan guna mempercepat peningkatan ratio elektrifikasi.

    Sambungan listrik gratis bagi masyarakat kurang mampu merupakan tanggungjawab pemerintah Jawa Barat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menumbuhkembangkan berbagai sektor, jelas Gubernur.

    Menurut Gubernur Ahmad Heryawan, pengembangan jaringan listrik desa merupakan program pencanangan Jabar Caang dengan target 100% desa terjangkau jaringan PLN dan ratio elektrifikasi rumah tangga sebesar 70% serta tersedianya fasilitas listrik pada sarana umum pedesaan.  

    Pada kesempatan tersebut, Bupati Karawang H. Ade Swara mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan dan berterimakasih  karena telah menjadikan kabupaten karawang sebagai tempat diselenggarakannya kegiatan ini. Tentunya, kita harapkan bersama agar kesempatan ini dapat dimanfaatkan guna meningkatkan komitmen kita bersama untuk mensukseskan berbagai program pembangunan demi meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat Jawa Barat, dan kabupaten Karawang pada khususnya.

    Pada kersempatan itu, Bupati melaporkan bahwa pemerintah kabupaten karawang telah melakukan pemasangan listrik bagi masyarakat kurang mampu melalui program listrik perdesaan, yang bersumber dari anggaran APBD kabupaten karawang dan dari anggaran APBD Provinsi Jawa Barat, dan sudah berjalan sejak Tahun 2010 lalu.

    Untuk itu, kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Jawa Barat atas kepeduliannya yang telah menjadikan desa Cikampek Selatan sebagai wilayah pencanangan listrik perdesaan di kabupaten Karawang. Mudah-mudahan dengan fasilitas yang diberikan tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat kabupaten Karawang, khususnya desa Cikampek Selatan, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat

    Selanjutnya perwakilan Dirjen Ketenagalistrikan  Direktur Pembinaan Program Ir Hasril Mujahar, MBA dalam sambutannya mengatakan, bahwa pada saat ini di Indonesia yang menerima fasilitas listrik masih sekitar 70 %. Pada tahun 2011 terdapat 78.609 Desa, dan sekitar 3.137 desa belum menikmati. Dalam waktu dekat mudah mudahan kami akan adakan program Listrik Murah dan Hemat yang di koordinir oleh Kemenpera RI. Kementrian Perumahan Rakyat Republik Indonesia, nanti akan mensubsidi daerah yang banyak keluarga miskin di daerah nelayan pertanian. Mudah mudahan juga, penyediaan listrik tambahan oleh pemerintah senantiasa terus bisa meningkat seiring dengan kebutuhan masyarakat akan listrik dimana secara rasio kebutuhan listrik pertahun yang dibutuhkan mencapai 7% pertahun begitu, demikian Hasril.
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus