Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Upacara Peringatan HUT Ke-67 Kemerdekaan RI

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_0303.jpg

     

    BANDUNG-Dalam upacara Peringatan HUT Ke-67 Kemerdekaan RI, Jum’at (17/8) di Lapangan Gasibu Bandung, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan bertindak sebagai inspektur upacara. Adapun peserta  upacara terdiri dari perwakilan kesatuan di lingkungan TNI, Unsur PNS, Mahasiswa, Pelajar dan Organisasi kemasyarakatan. Untuk formasi undangan, nampak para mantan Gubernur Jawa Barat, para pimpinan OPD dan unsur masyarakat berprestasi.
     
    Upacara dimulai dengan pengibaran bendera oleh kelompok Pasukan Kibar Bendera (Paskibraka) Provinsi Jawa Barat dalam formasi 17, 8 dan kelompok 45.Ketika  kelompok Paskibraka telah sampai dihadapan inspektur upacara, kemudian  Gubernur menyerahkan bendera merah putih kepada salah seorang pengibar bendera untuk dikibarkan.
     
    Usai  pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dengan diawali penekenan tombol sirine oleh inspektur upacara. Mengheningkan cipta berlangsung selama kurang lebih tiga puluh detik.
     
    Untuk pembacaan naskah-naskah, dibacakan oleh para pimpinan Forum Pimpinan Daerah. Pembacaan Naskah Pancasila dilaksanakan oleh Panglima KODAM III/Siliwangi, Sony Wijaya. Pembacaan Naskah pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Yuswa Kusumah. Pembacaan Naskah Proklamasi RI oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Irfan Suryanagara. Pada kesempatan upacara Peringatan HUT Ke-67 Kemerdekaan RI Tahun 2012 ini, Inspektur Upacara Gubernur Ahmad Heryawan membacakan sambutan  tertulis. Upacara pokok ditutup dengan pembacaan do’a yang dipimpin Ketua Majelis Ulama Jawa Barat Hafidz Usman dan didampingi oleh para pimpinan agama Budha, Hindu, dan Kristen.
     
    Usai pembacaab do’a, maka upacara pokok telah selesai dan selanjutnya persembahan lagu-lagu perjuangan oleh Paduan Suara UNPAD  yang membawakan empat buah lagu, yaitu : Hari Merdeka, Dirgahayu Indonesia, Maju Tak Gentar dan Pantang Mundur.
    Selepas keseluruhan rangkaian upacara peringatan Kemerdekaan RI Ke – 67, Gubernur dan pejabat Forum Pimpinan Daerah lainnya, melakukan foto bersama dengan pasukan pengibar bendera sesi  pagi (pengibaran bendera). 
     
    Upacara Peringatan Kemerdekaan RI Ke-67, akan diakhiri dengan upacara penurunan bendera  yang akan dilaksanakan pada sore hari sekitar pukul 16.00.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus