Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Desa Jati Mekar KBB, akan Jadi Desa Mandiri

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/Desa-Jati-Mekar-KBB,-Aakan-Jadi-Desa-Mandiri.jpg

    BANDUNG – Desa Jatimekar Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat, sedang dirintis menjadi Desa mandiri. Rintisan itu sedang dilakukan Kelompok Budaya Sunda Sembara bersama warga Jatimekar sendiri. Pupuhu atau Ketua Sunda Sembara Tjetjep Sapulloh mengatakan, pemikiran awal rintisa Desa Mandiri di Jatimekar, karena Desa itu terbilang terisolir dari daerah lainnya di Kabupaten Bandung Barat.

    “Alasan utamanya adalah karna Desa itu kini relatif terisolir, kurang mendapat sentuhan dari Pemerintah Kabuapten Bandung Barat sendiri. Bantuan operasional atau pembangunan Pedesaan relatif tidak ada yang masuk ke sana” ujar Tjetjep, usai mengkikuti buka bersama Gubernur Jabar di Gedung Pakuan, Minggu (22/7).

    Oleh karena itu, dirinya dan Sunda Sembara mengajak warga untuk mandiri, membangun dan memberdayakan potensi yang ada di Desanya.

    “Upaya itu sejak 4 bula lalu sudah dilakukan diantaranya dengan memperbaiki jalan Desa sepanjang lebih dari 400 meter dengan dana dan daya dari warga sendiri. Selain itu perbaikan beberapa fasilitas seperti mushola, sekolah, MCK dan lain-lain” katanya

    Pada intinya, konsep Desa Mandiri adalah memberdayakan kembali potensi yang dimiliki Desa, dengan gotong royong, dengan semboyan Tekad Bareng Geusan Ngawangun Lemah Cai.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus