Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    DPRD Jabar Puji Kondisi Infrastruktur

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/irfan_ketua_dprd.jpg

     

    Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat Irfan Suryanagara memuji kondisi infrastruktur, khususnya jalan dan jembatan yang terbangun hingga 2012. Pembangunan yang sudah berjalan sejak tahun 2009 relatif sukses. Menurutnya jalan merupakan urat nadi pertumbuhan ekonomi rakyat. Oleh karenanya pihaknya sangat serius mengawal proses pembangunan  infrastruktur yang dijalankan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. "Kami akan terus mendorong Pemprov agar segera memuluskan seluruh jalan di Jabar," ujar Irfan beberapa waktu lalu saat meninjau sejumlah proyek infrastruktur di kawasan Jabar Selatan.
     
    Meski demikian Irfan mengingatkan pihak terkait untuk menuntaskan sejumlah pekerjaan yang masih ada. Diantaranya masih ada jalan provinsi yang belum diperbaiki. Pleh karenanya DPRD mendorong Pemprov Jabar segera memperbaikinya di tahun ini juga. Tentunya DPRD, khususnya Komisi D akan mendukung langkah tersebut. Sejumlah ajuan penambahan anggaran infrastruktur tentu akan menjadi perhatian khusus DPRD. Dalam kunjungan kerja tersebut, Irfan pun mengingatkan Dinas Bina Marga Jabar terkait proses pemeliharaannya. "Mohon maksimalkan proses pengawasan kendaraan-kendaraan besar yang melebihi ketentuan angkut atau muatan," tandasnya.
     
    Sementara dalam penjelasannya, Kepala Dinas Bina Marga Jawa Barat M. Guntoro menyatakan, hingga kini, tinggal empat persen dari 2.290 kilometer jalan Provinsi Jabar
    yang berkondisi rusak. Dinas Bina Marga Provinsi Jabar memastikan selambatnya 2013, tidak ada lagi jalan Provinsi Jabar yang berkondisi rusak. Hal itu ditegaskan Guntoro menanggapi temuan seputar jalan rusak itu terungkap dalam kegiatan peninjauan DPRD Jabar tersebut. “Saya pastikan proses pembangunan dan perbaikan terus berjalan hingga semuanya menjadi mantap. Tentunya kami mengharapkan dukungan dan dorongan penuh DPRD,” ungkapnya.
     
    Pada kegiatan peninjauan infrastruktur tersebut, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Jabar, Irfan Suryanagara, didampingi jajaran pimpinan DPRD, seperti; Wakil Ketua UU Rukmana, Wakil Ketua Rudi Harsa Tanaya dan Wakil Ketua Komarudin. Turut mendampingi Wakil Ketua Komisi D Adi Gunawan beserta seluruh anggota Komisi D. Dari Dinas Bina Marga Jabar, Kepala Dinas M Guntoro beserta seluruh jajaran. Sementara rute melintasi sejumlah kawasan; seperti Nagrek, Pameungpeuk,  Rancabuaya, Cisewu, Cukul, Pangalengan. Kemudian berlanjut ke jalan lingkar selatan Kabupaten Sukabumi.
     
    Menurut Guntoro saat ini, secara keseluruhan, jalan yang menjadi tanggung jawab Pemprov Jabar berkondisi mantap. Kondisi tingkat kemantapannya mencapai 95,03 persen. Fakta itu merupakan hasil dari akselerasi pembangunan infrastruktur sejak 2009. Di 2009, Pemprov Jabar memperbaiki jalan sepanjang 226,14 kilometer. Perbaikan jalan itu terbagi pada kegiatan rehabilitasi jalan 153,3 kilometer dan peningkatan jalan 72,79 kilometer. Memasuki 2010, total jalan yang diperbaiki mencapai 342 kilometer. Perbaikan jalan itu terbagi pada kegiatan rehabilitasi 142,94 kilometer dan peningkatan 199,06 kilometer.  Pada 2011, telah dibangun jalan baru sepanjang 7,9 kilometer, peningkatan jalan sepanjang 367,57 kilometer, pergantian jembatan sepanjang 485,9 meter, rehabilitasi jalan sepanjang 505 kilometer, dan rehabilitasi jembatan sepanjang 2.226,5 meter.
     
    Guntoro menyatakan, memasuki 2012, tingkat kemantapan jalan di Jabar mencapai 95,03 persen. Pencapaian itu melebihi target yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jabar 2008-2013.Dalam RPJMD, target kemantapan jalan pada akhir 2011 hanya 93 persen. ''Lebih cepat, tentu lebih baik. Itu semua karena kebijakan dan dorongan pak gubernur,'' ujar Guntoro saat menuju Rancabuaya, Kabupaten Garut, Senin (4/6). Pihaknya menargetkan, hingga akhir 2012 nanti, tingkat kemantapan jalan provinsi minimal 97 persen. Dengan demikian, selambatnya pertengahan 2013, seluruh jalan provinsi berkondisi mantap.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus