Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bangun Kemandirian, Wakaf Salman & PT Pelindo Launching Program Urban Farming di Masjid An-Nuur

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_45459.jpg

    KOTA BANDUNG- Didasari oleh rasa keprihatinan dan kepedulian terhadap  masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, Wakaf Salman bersama PT. Pelindo  melaunching program urban farming di Masjid An-Nuur, Cibeunying, Kota Bandung. 

    Acara ini menjadi ajang peresmian kegiatan urban farming guna menjadi salah satu fasilitas kegiatan positif potensial produktif yang terlaksana di lingkungan Masjid An-Nuur, Cibeunying, Kota Bandung. 

    Manager Perencanaan & Pengelolaan Program TJSL PT Pelindo Dimas Giri Prabowo mengatakan, program ini sebagai bentuk keprihatinan terhadap dampak pandemi Covid-19 dan merasa perlu adanya kepedulian terhadap masyarakat serta sejalan dengan program pemegang saham BUMN yang sustainable.

    "Ada 3 pilar yang menjadi perhatian dari perusahaan, diantaranya: Pendidikan, Lingkungan dan Pembinaan Usaha Kecil. Maka dari itu, program ini diharapkan bisa berkelanjutan dan menyebar luas manfaatnya untuk masyarakat sekitar," ucap Dimas, di Masjid An-Nuur, Kota Bandung, Jumat (14/01/2022).

    Menurut Dimas, pandemi yang merontokkan mental dan perekonomian masyarakat menjadi salah satu faktor dibutuhkannya kegiatan yang dapat menegakkan kembali segi emosional maupun finansial masyarakat. Salah satu pendekatan yang dapat ditemukan yaitu melalui kegiatan berkebun dan bertani.

    "Keterbatasan lahan untuk berkebun maupun bertani, menjadi kekhawatiran sejak lama terutama di daerah perkotaan. Ketahanan pangan di lingkungan masyarakat menjadi satu dari banyak hal yang sangat penting untuk dikembangkan," kata Dimas.

    "Melalui program sosial kemanusiaan yang digagas oleh Wakaf Salman berbasis pertanian di lingkungan masjid, harapannya semoga hal ini dapat menjadi sentra  aktivitas sosial, ibadah, dan pemberdayaan umat," imbuhnya.

    Direktur Wakaf Salman, Hari Utomo mengungkapkan bahwa tujuan dari adanya program ini adalah  untuk menciptakan kemandirian dan ketahanan pangan masyarakat melalui pertanian skala urban.

    "Dengan adanya Program Pemberdayaan 1000 Masjid ini diharapkan kedepan ada kolaborasi yang baik antara Wakaf Salman dengan stakeholder lainnya, guna merealisasikan target dari program tersebut," ujarnya.

    “Kami membuka peluang kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mensukseskan program ini, kami harap titik ke 7 dari urban farming ini dapat menjadi dana yang produktif, bahkan menjadi salah satu ikon Kota Bandung," tabahnya.

    Dalam kesempatan yang sama, DKM Masjid An-Nuur Wahyu, memberikan apresiasi dengan diluncurkannya program urban farming di Masjid An-Nuur, sehingga dapat membantu masyarakat, khususnya jamaah Masjid An-Nuur,

     “Alhamdulilah kami sangat terbantu, mudah-mudahan ini akan terus berkembang. Selain tanaman hidroponik dan aquaponik yang sudah ada, kami juga memberdayakan ikan jenis lele dan ikan nila. Untuk panennya sendiri, bisa sampai 3 atau 5 bulan ” pungkasnya.(prn)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus