Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Antisipasi Bencana, Bandung Gelar Apel Siaga Hidrometologi

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_45034.jpg

    KOTA BANDUNG- Sebagai langkah preventif dan mengantisipasi dampak bencana yang dapat terjadi selama musim hujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar apel Siaga Bencana Hidrometologi di Plaza Balai Kota Bandung, Selasa (07/12/2021).

    "Ini merupakan upaya Kota Bandung terus siap siaga. Kita harus antisipasi potensi bencana terutama banjir dan longsor. Kata para ahli, ada ancaman patahan lembang, oleh karena itu kita harus tetap siaga," ucap Wali Kota Bandung Oded M. Danial dalam apel Siaga Bencana.

    "Perlu upaya antisipasi dan kesiapan dari seluruh perangkat daerah guna menghadapi potensi bencana di Kota Bandung," imbuhnya.

    Oded juga mengingatkan masyarakat agar memiliki kepekaan terhadap kondisi daerahnya. Sebab sumber daya manusia yang dimiliki oleh pemerintah sangatlah terbatas.

    "Untuk itu saya berharap kolaborasi dengan masyarakat semakin kuat. Demi memperkokoh upaya-upaya antisipasi, kewaspadaan dan kesiapan dalam menghadapi kemungkinan bencana hidrometeorologi," ungkapnya.

    Sementara itu, Kepala Diskar PB Dadang Iriana juga mengimbau masyarakat untuk terus waspada. Terutama mereka yang tinggal di bantaran sungai dan daerah-daerah yang berisiko terjadi longsor.

    "Kalau titik rawan longsor seperti di daerah Coblong, Cidadap, Mandalajati," ungkapnya.

    Guna menguatkan peran kewilayahan dalam menangani bencana, Diskar PB telah membentuk Kelurahan Siaga Bencana dan kini telah hadir di 5 kelurahan yang rawan terjadi bencana kebakaran.

    "Diantaranya Kelurahan Karanganyar, Sukapura, Sukahaji," tuturnya.

    Apel yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial juga dihadiri Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna.

    Selain itu, hadir pula anggota Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung, TNI, Polri, dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung. (prn)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus