Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bumdes Subang Borong Penghargaan bjb Bungah

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_45022.jpg

    Kab. Subang --- Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) memiliki peran penting dan strategis dalam menggerakkan perekonomian pascapandemi COVID-19. Bumdes dibentuk selain untuk  meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan usaha masyarakat, juga untuk menciptakan peluang usaha dan lapangan pekerjaan, serta meningkatkan pendapatan desa.

    Salah satu cara untuk mengoptimalkan pengelolaan Bumdes adalah dengan melibatkan dunia perbankan, seperti yang sudah dilakukan bank bjb. 

    “Sebagai bentuk apresiasi bagi Bumdes sebagai agen Payment Point Online Bank (PPOB) bjb, kami memberikan penghargaan kepada Bumdes dengan transaksi tertinggi di pembayaran pajak kendaraan dan PBB,” demikian disampaikan oleh Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan bjb Isa Anwari pada acara pemberian penghargaan bagi Bumdes mitra PPOB bjb di Bogor (6/12/2021).

    Pada acara tersebut Bumdes Munjul Jaya Kabupaten Subang diganjar berbagai hadiah sebagai Bumdes terbaik mitra PPOB bjb tingkat provinsi bersama Bumdes Ciasem Baru Bersatu.

    Sementara itu, di kesempatan yang sama, pimpinan cabang bjb Subang Dody Setiawan berpendapat Bumdes di Kabupaten Subang  merupakan channel bayar PKB dan PBB yang selalu berusaha mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, mempersingkat waktu dan meningkatkan pendapatan pemerintah daerah. Sebagai langkah strategis, pola kemitraan dibangun atas dasar prinsip saling memerlukan, mempercayai, memperkuat, dan menguntungkan.

    Dody mengatakan kriteria penilaian apresiasi bagi Bumdes kategori kabupaten/ kota adalah transaksi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pajak Bumi Bangunan (PBB) di Bumdes melalui PPOB minimal 300 transaksi serta untuk kategori provinsi transaksi minimal 500 transaksi  dan syarat lainnya rata-rata saldo rekening giro bjb serta memakai layanan internet banking corporate bjb.

    Sementara itu, Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Subang, Lovita Adriana Rosa yang hadir turut mendampingi Bumdes pemenang menjelaskan prestasi ini merupakan tambahan penghargaan khusus untuk dua Bumdes yang sangat aktif dengan nilai transaksi tinggi yakni Bumdes Dukuh Mulya dan Bina Mandiri.

    “Saya turut bahagia atas prestasi Bumdes di Subang. Para pengurus Bumdes ini rutin berdiskusi dan didorong untuk meningkatkan  partisipasi pembayaran setoran pajak warga di desa. Dengan pemahaman yang baik, para pengurus Bumdes  memberikan rekomendasi-rekomendasi perpajakan bagi masyarakat. Langkah ini merupakan upaya Samsat Subang untuk semakin menumbuhkan kesadaran akan pentingnya membayar pajak. Sebagai salah satu sumber pemasukan bagi daerah, pajak menjadi elemen penting dalam mensukseskan program-program kesejahteraan rakyat," kata Lovita. 

    P3DW Subang bersama Bank bjb berkomitmen dan terus membantu peningkatan kualitas layanan Bumdes di desa seluruh Subang menjadi badan usaha yang mengimplementasikan teknologi transaksi berbasis digital. (*FAU)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus