Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemdakab Garut Pastikan Lokasi Bencana di Dua Kecamatan Masuk Fase Pasca Bencana

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_44997.jpg

    Kab. Garut --- Bupati Garut Rudy Gunawan kembali meninjau lokasi bencana banjir bandang di Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Minggu (5/12/2021).

    Rudy menyatakan, saat ini ketersediaan air di lokasi bencana sudah tercukupi, karena sebelumnya ia telah menugaskan Direktur Utama (Dirut) Perusahan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Intan, untuk menyelesaikan permasalahan air di Kecamatan Sukawening. Bahkan, pihaknya telah memberikan bantuan uang sebesar Rp1 juta untuk warga membersihkan rumahnya masing-masing melalui program cash for work.

    Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Garut tidak akan memperpanjang tanggap darurat di Kecamatan Sukawening, karena beberapa tempat sudah memasuki tahap rekonstruksi.

    "Insyaallah sekarang ini kita tidak memperpanjang tanggap darurat, karena beberapa tempat sekarang dalam rangka rekonstruksi, tinggal 1 desa yang perlu mendapatkan perhatian kita (yaitu) Desa Cintamanik, yang ada di Kecamatan Karangtengah, itu yang agak mendapatkan perhatian karena harus ada infrastruktur yang dibuat," katanya.

    Rudy memastikan lokasi bencana ini akan masuk ke fase pasca bencana, sehingga pihaknya akan segera melakukan beberapa perbaikan dan pengerukan.

    "Tentu sekarang kita sudah akan masuk ke (fase) pasca bencana, kita perbaiki (juga lakukan) pengerukan, dan juga ada beberapa sodetan yang perlu kita lakukan perbaikan-perbaikan," katanya.

    Ia juga menerangkan, pihaknya akan memberikan dana maksimal Rp50 juta untuk penyintas bencana yang rumahnya hanyut saat banjir bandang terjadi, serta akan memberikan kompensasi kepada pemilik sawah di lokasi bencana, dengan hitungannya yaitu per satu hektare sawah akan diberikan kompensasi sebesar Rp5 juta.

    "Nanti sedang dilakukan pendataan oleh dinas teknis masing-masing, kita akan selesaikan pasca bencana ini dengan melakukan langkah-langkah konkret di lapangan, dan tentu kita (lakukan) assesment kenapa ini terjadi (dan) kita lakukan perbaikan di masa yang akan datang," katanya.

    Rudy mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah ikut serta membantu  dalam masa pemulihan di lokasi bencana yang terjadi di Kecamatan Sukawening dan Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut. (rdp*)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus