Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Hadapi Potensi Bencana Alam, Bupati Ciamis Pimpin Apel Siaga Bencana Tahun 2021

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_44906.jpg

    Kab. Ciamis --- Menghadapi potensi ancaman bencana alam yang sewaktu- waktu dapat terjadi di wilayah Kabupaten Ciamis, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya Pimpin Apel Siaga Bencana tahun 2021 di Halaman Pendopo Bupati, Senin (29/11/2021). 

    Apel tersebut dihadiri Wakil Bupati, Yana D Putra, Sekda, Tatang, Unsur Forkopimda dan jajaran pejabat di lingkungan Pemdakab Ciamis. 

    Serta diikuti oleh perwakilan TNI, POLRI, SKPD, BPBD, Damkar, Palang Merah Indonesia (PMI), ORARI Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI), Radio Amatir Penduduk Indonesia (RAPI), camat, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), kepala desa dan seluruh elemen masyarakat secara langsung dan virtual. 

    Dalam sambutannya, Bupati Ciamis  menyampaikan berdasarkan prakiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika awal musim hujan terjadi antara bulan September 2021 sampai dengan Februari 2022.

    Sehingga terdapat potensi ancaman bahaya bencana hidrometeorologi seperti bencana banjir, tanah longsor  pergerakan tanah dan angin kencang. 

    "Diperlukan adanya upaya kesiapsiagaan dan langkah-langkah yang sinergitas di antara semua pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat guna mengantisipasi dampak bencana yang mungkin terjadi di wilayah Kabupaten Ciamis, " ucap Bupati.

    Diantara upaya yang harus dilakukan yaitu mengantisipasi dan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi perubahan iklim atau cuaca ekstrem, meningkatkan daya tampung dan daya dukung lingkungan melalui berbagai program kegiatan bersama masyarakat serta stakeholder . 

    Terakhir, penataan sistem drainase maupun saluran-saluran air dari sampah yang dapat menyumbat dan menimbulkan bencana. 

    Bupati Ciamis menekankan bahwa penanggulangan bencana merupakan tugas dan tanggung jawab bukan hanya bagi pemerintah namun juga bagi swasta maupun masyarakat. 

    "Untuk itu diharapkan agar kita secara bersama-sama dapat melakukan penanggulangan bencana dengan sebaik-baiknya, sehingga diharapkan dapat mengurangi risiko bencana yang terjadi, " harapnya. 


    Kepala BPBD Kabupaten Ciamis Tatang mengatakan penanggulangan bencana bukan saja merupakan tanggung jawab pemerintah, TNI, maupun Polri akan tetapi merupakan tanggung jawab bersama. 

    "Peran serta stakeholder serta seluruh lapisan masyarakat harus terus terjalin, sehingga diharapkan muncul sinergitas dari semua pihak dalam penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Ciamis,” paparnya.

    Usai apel, Bupati Ciamis menyaksikan simulasi penanggulangan bencana dan dilanjutkan meninjau sarana prasarana. (*FAU)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus