Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bakesbangpol Jabar Gelar "ORMAS DAY 2021"

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_44698.jpg

    KOTA BANDUNG- Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) merupakan organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan yang bertujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

    Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Barat yang memiliki peran melakukan pembinaan terhadap Ormas di Jawa Barat, mendorong untuk memaksimalkan teknologi informasi yang ada saat ini, di antaranya multimedia dan media sosial (medsos).

    Untuk itu Bakesbangpol Provinsi Jawa Barat berencana menggelar "ORMAS DAY 2021" pada 16 November 2021, dengan berbagai kegiatan di dalamnya, salah satu diantaranya lomba film pendek atau video.

    Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Barat Raden Iip Hidajat mengatakan, lomba film pendek ini sebagai salah satu bentuk dorongan bagi Ormas di Jawa Barat agar melek terhadap medsos dan teknologi informasi. 

    "Melalui video atau film pendek, mereka bisa menceritakan peran ormas di tengah masyarakat dan aktivitas-aktivitas ormas selama ini. Kemudian mengunggahnya di instagram ormas yang bersangkutan," ucap Iip, di Kantor Bakesbangpol Provinsi Jawa Barat, Jumat (12/11/2021).

    Menurut Iip, film pendek yang masuk kemudian akan dinilai atau penjuriannya dilakukan oleh netizen dan juri yang telah ditunjuk secara internal. Mereka akan dipilih pemenang kompetisi video sebanyak 10 pemenang untuk 10 kategori.

    "Kriteria film pendek 2 menit. Dan pemenang akan memberikan apresiasi dari Gubernur Ridwan Kamil, berupa sertifikat dan uang pembinaan," kata Iip.

    "Di Jabar saat ini ada 1.355 Ormas. Dari jumlah tersebut sekitar 500 yang masih aktif, 500 ormas harus diverifikasi ulang, dan sisanya sudah tidak aktif. Dari 500 yg aktif sebanyak 63 ormas sudah mengirimkan karya film pendeknya," tambahnya.

    Iip mejelaskan bahwa puncak kegiatan "Ormas Day 2021", akan dilaksanakan di Hotel Horison Bandung pada 16 November 2021. Rencananya Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan hadir untuk memberikan pembinaan dan arahan kepada perwakilan Ormas yang hadir.

    "Selain memberikan arahan, di "Ormas Day 2021" akan ada launching cover lagu. Kita nyanyi bersama Forkopinda, memperlihatkan kita harmonis dan bangkit dari keterpirukan," ujarnya.

    Iip menambahkan, sebagai sebagai ajang silaturahim dan menumbuhkan soliditas dan kerja sama antara Pemda dan Ormas gelaran "Ormas Day 2021" ini memiliki tiga tujuan, yaitu mengembalikan marwah Ormas yang berfungsi sebagai kontrol sosial, membangun kembali stigma positif Ormas serta mendorong Ormas untuk terus menjadi mitra strategi pemerintah.

    "Ini dalam rangka mendukung program pemerintah sekaligus optimalisasi demokrasi dan pembangunan. Kita dorong Ormas di Jabar  untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, seperti saat pandemi Covid-19, banyak Ormas yang terlibat penanganan Covid-19, mulai dari kegiatan vaksinasi hingga penyediaan oksigen bagi pasien," jelasnya. (prn)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus