Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Digitalisasi UMKM, Pemdakab Ciamis Gandeng Perbankan Berikan Layanan Umum

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_44475.jpg

    Kab. Ciamis --- Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Ciamis bekerjasama dengan Bank BJB Cabang Ciamis melaksanakan kegiatan Sosialisasi Produk dan Layanan Perbankan untuk UMKM Binaan Pemerintah Kabupaten Ciamis, bertempat di Aula Kantor Bank BJB Cabang Ciamis, Selasa (26/10/2021).

    Sebanyak 50 UMKM binaan Pemdakab Ciamis hadir sebagai peserta sosialisasi. Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan David Firdha membuka acara bersama dengan Pimpinan Bank BJB Cabang Ciamis yang diwakili oleh Manajer Bisnis UMKM Bank BJB Cabang Ciamis Dadang Gunari.

    Dalam sambutannya, David Firdha menyampaikan masa pandemi COVID-19, UMKM  dituntut untuk berinovasi agar bisa bertahan. Salah satu solusi pemasaran ditengah pemberlakuan PPKM adalah memanfaatkan teknologi Informasi. 

    Pandemi COVID-19, lanjut David membuat peluang pemasaran produk melalui media sosial atau marketplace semakin besar. Selain Itu sistem pembayaran digital atau nontunai telah menjadi sebuah kebutuhan untuk bertransaksi di tengah pandemi COVID-19.

    Untuk menjawab tantangan tersebut, Dinas Koperasi UKM Dan Perdagangan Kabupaten Ciamis berkolaborasi dengan Bank BJB guna mendukung percepatan digitalisasi UMKM melalui fasilitasi pembuatan QRIS bagi UMKM. 

    “Diharapkan, dengan adanya kolaborasi bersama Bank BJB Cabang Ciamis, UMKM naik kelas di Kabupaten Ciamis diharapkan dapat terwujud. Selain mendorong penerapan digitalisasi, Pemdakab Ciamis melalui Dinas Koperasi UKM dan perdagangan, berupaya pula memberikan nilai tambah produk melalui fasilitasi kemasan,” ungkap David.

    Dalam kegiatan sosialisasi, disampaikan materi produk dan layanan Bank BJB untuk UMKM yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank BJB dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Bank BJB.

    Untuk kebutuhan permodalan, Bank BJB sebagai bank milik pemerintah daerah siap memberikan fasilitas Kredit Usaha Rakyat bagi UMKM melalui KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil dengan bunga 6 persen dan plafon serta jangka waktu yang bervariasi sesuai dengan jenis layanan KUR BJB.

    Selain mensosialisasikan produk dan layanan bagi UMKM, Bank BJB juga memberikan dukungan bagi kegiatan usaha UMKM. Peserta diberikan kemudahan dalam pembuatan QRIS, setiap peserta dibuatkan rekening tabungan oleh Bank BJB dan akan mendapatkan QRIS yang telah dicetak oleh Bank BJB.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus