Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    PKK Harus Menjadi Pelopor Keluarga dalam Perubahan Indonesia Maju

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_44291.jpg

    Kab. Majalengka --- Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) yang ke-49 tahun 2021, Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Majalengka menyelenggarakan acara peringatan HKG PKK yang bertempat di Lapangan Tenis Sekretariat Daerah, Rabu (13/10/2021).

    Dalam laporannya, Ketua Panitia Peringatan HKG PKK ke-49 Nenden Harahap mengatakan secara historis gerakan PKK telah ada sejak tahun 1972 dan diperingati setiap tanggal 4 Maret. PKK merupakan organisasi yang besar, memiliki akar hingga ke tingkat Desa dan Dusun, apalagi dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Gerakan Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Keluarga maka TP-PKK telah memiliki payung hukum. TP-PKK juga merupakan mitra pemerintah dan memiliki kiprah yang sangat luas dalam mendukung suksesnya pembangunan guna mencapai kemajuan dan kesejahteraan di Kabupaten Majalengka. 

    Tema peringatan HKG PKK ke-49 tahun 2021 adalah "Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju". Nenden menyatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini antara lain untuk memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat, meningkatkan pemahaman segenap jajaran TP-PKK, masyarakat dan seluruh komponen bangsa tentang keberadaan tujuan program dan kegiatan PKK dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

    Ketua TP-PKK Kabupaten Majalengka Dedeh Karna Sobahi menyampaikan HKG merupakan salah satu momentum yang sangat mendasar serta memiliki arti penting strategis dalam, implementasi sepuluh program PKK. Peringatannya memberikan penegasan bahwa gerakan PKK dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat dengan satu tujuan yakni masyarakat yang berdaya dan sejahtera.

    "Gerakan PKK bukan semata menempatkan keluarga sebagai objek sasaran pemerintah akan tetapi mampu menginisiasi keluarga Indonesia melakukan perubahan menuju perubahan yang lebih baik searah dengan tujuan pembangunan Nasional, semoga melalui peringatan HKG PKK menjadi momentum kebangkitan gerakan PKK melalui gerakan pelopor perubahan menuju Indonesia Maju," ucap Dedeh.

    Dedeh menyebutkan pola pendekatan pergerakan peran serta masyarakat yang menjadi ciri khas TP-PKK dalam berbagai aspek pembangunan merupakan modal sosial yang besar, artinya pergerakan peran serta atau partisipasi masyarakat dalam pembangunan adalah prinsip dasar gotong royong yang merupakan warisan budaya bangsa. 

    Setiap perayaan yang dilakukan dalam memperingati HKG PKK harus mampu menumbuhkan semangat yang menggelora karena TP-PKK sebagai mitra kerja dari pemerintah harus mampu menjadi pelopor dan pembaharuan yang inspiratif.keterkaitan program dan kegiatan PKK sebagai mitra pemerintah harus bersinergi dengan prioritas program pembangunan daerah maupun nasional.

    Dalam sambutannya, Bupati Majalengka Karna Sobahi mengucapkan selamat memperingati HKG  PKK khususnya di Kabupaten Majalengka. Melalui peringatan HKG PKK ke-49 Tahun 2021 ini diharapkan segenap jajaran TP-PKK secara berjenjang disemua tingkatan senantiasa untuk dapat merumuskan strategi dan langkah-langkah dalam bentuk rencana kerja TP-PKK Kab.Majalengka agar dapat selaras dalam mewujudkan Majalengka Raharja serta mewujudkan Indonesia Maju.

    "Peringatan HKG PKK setiap tahunnya hendaknya menjadi bahan renungan dan evaluasi terhadap hal-hal apa saja yang telah dilakukan selama satu tahun kebelakang dan merumuskan suatu hal yang lebih baik kedepannya, melalui momentum ini diharapkan juga dapat menjadi motivasi dan semangat kader-kader PKK serta masyarakat untuk melaksanakan program kegiatan PKK sehingga pada waktunya dapat terwujud tatanan kehidupan masyarakat Majalengka Raharja," ucap Bupati

    Bupati menambahkan, TP- PKK sebagai mitra pemerintah daerah hendaknya senantiasa bersama-sama membantu program-program yang sudah dicanangkan antara PKK dengan tiap OPD untuk terus ditingkatkan artinya PKK harus jemput bola dengan jaringan kemitraan OPD, keduanya harus proaktif dalam melaksanakan program kegiatan bersama misalnya PKK dengan Dinas Rumkintan dengan Program Rutilahunya, PKK dengan Dinsos dengan program Rantang Kanyaah, semua program ini tentunya harus dapat dirasakan outputnya kepada masyarakat Majalengka demi mewujudkan kesejahteraan keluarga hal tersebut tentunya guna membantu pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

    Editor : Fauziah Ismi Desiana

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus