Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Peringati World Cleanup Day, Bupati Ciamis Launching Smart Drop Box

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_43971.jpg

    Kab.Ciamis—- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya lakukan Soft Launching Smart Drop Box dalam rangka memperingati hari bersih-bersih sedunia atau 'World Cleanup Day' secara virtual dari Aula Gedung Setda Ciamis, Sabtu (18/09/21).

    Bupati Herdiat mengatakan hari ini di seluruh dunia kita memperingati 'World Cleanup Day' yang pertama kali diinisiasi di Estonia dengan nama ‘Lets Do It’ dan baru di tahun 2008  diperingati di seluruh dunia dalam upaya penanggulangan sampah.

    "Meski saat ini pelaksanaannya di tengah pandemi tapi tidak mempengaruhi semangat kita dalam melaksanakan hari bersih-bersih dunia,” katanya.

    Menurut Bupati Herdiat masalah sampah bukanlah masalah yang sepele, namun menjadi permasalahan sangat serius dunia untuk segera ditanggulangi dan dikelola dengan baik,” imbuhnya.

    Kabupaten Ciamis akan terus berusaha menjadi kabupaten yang bersih, sehingga pengelolaan sampah harus dimulai dari individu, pilah sampah mulai dari rumah.

    "Saya meminta kepada para camat, kades, tolong di edukasi masyarakat agar memiliki pemahaman dalam mengelola sampah mulai dari rumah,” ucapnya.

    Bupati Ciamis juga melakukan Soft launching Smart Drop Box,sebuah teknologi terbarukan dalam bidang pengelolaan sampah (khususnya tempat sampah botol plastik).

    Melalui teknologi ini, lanjut bupati, masyarakat dapat membuang sampah dan mendapatkan sejumlah uang dalam bentuk dompet digital yang dapat digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan rumah tangga (listrik, air, asuransi, dll).

    "Kita ketahui limbah plastik adalah limbah yang sangat lama dapat terurai sehingga kita harus betul-betul mampu dikelola agar tidak merusak dan mencemari bumi khususnya di Kabupaten Ciamis,” katanya.

    Dalam aksi World Cleanup Day yang telah dilaksanakan di Kabupaten Ciamis, telah berhasil menggugah sebanyak 157.000 relawan yang tersebar di 300 titik desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Ciamis.

    Atas aksi nyata ini terkumpul sampah organik sebanyak 7,8 ton, sampah anorganik sebanyak 12 ton sedangkan untuk sampah residu sebanyak 8 ton.

    (Editor: Raehan Putri)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus