Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Dansesko TNI : Wira Siaga XLI Tingkatkan Kemampuan Pasis Merencanakan Operasi Militer

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_43734.jpg

    Kab. Bandung Barat --- Latihan Posko I Program Kegiatan Bersama Operasi Gabungan (PKB Opsgab) “Wira Siaga XLI” Sesko TNI dan Sesko Angkatan merupakan kegiatan integrasi dari kurikulum pendidikan Sesko TNI dan Sesko Angkatan untuk menyiapkan Perwira Siswa (Pasis) sebagai calon pemimpin TNI di masa mendatang agar mampu merencanakan dan melaksanakan operasi militer setingkat Komando Gabungan (Kogab) dan Komando Tugas Gabungan (Kogasgab).

    Hal tersebut disampaikan Dansesko TNI Marsdya TNI Diyah Yudanardi saat membuka Latihan Posko I PKB Opsgab “Wira Siaga XLI” Sesko TNI dan Sesko Angkatan secara virtual di Sesko TNI, Bandung, yang diikuti Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., selaku Direktur Latihan beserta pejabat Seskoau dan Pasis Seskoau Angkatan Ke-58 di Gedung Widya Yudha, Pusat Olah Yudha, Seskoau, Lembang, Bandung, Senin (30/08/2021).

    Dikatakan Dansesko TNI bahwa PKB Opsgab dalam bentuk latihan dengan metode Geladi Posko I ini dilaksanakan guna mencapai pemahaman dan kemampuan Pasis Sesko TNI dan Sesko Angkatan dalam melaksanakan proses perencanaan operasi militer serta pengambilan keputusan baik sebagai Panglima, Kepala Staf atau Komandan maupun Perwira Staf dalam Kogab juga Kogasgab.

    “Latihan ini diharapkan dapat dimanfaatkan para Pasis untuk menganalisa dan merumuskan konsep operasi militer yang bersifat gabungan melalui skenario serta persoalan yang diberikan,” katanya.

    Selama lima hari ke depan latihan ini dilaksanakan dengan sasaran yang hendak dicapai antara lain, bagi Pasis Sesko TNI yaitu mampu memahami dan menyusun rencana Kampanye Militer untuk mewujudkan keterpaduan komando serta pengendalian dalam penyelenggaraannya, mewujudkan integrasi antara Pasis Sesko TNI dan Sesko Angkatan dalam melaksanakan tugas juga interoperabilitas antara Kogab dan Kogasgab. Sedangkan bagi Pasis Sesko Angkatan diharapkan memahami dan mampu menyusun rencana operasi tingkat Kogasgab, serta mampu mewujudkan keterpaduan komando dan pengendali serta interoperabilitas pada penyelenggaraan Operasi Gabungan Utama.

    Bertemakan “Kogab TNI Menyelenggarakan Kampanye Militer Di Mandala Operasi Walrus Island Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”, Dansesko TNI berpesan agar melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh, penuh rasa tanggung jawab dilandasi semangat integrasi, kolaborasi, kebersamaan, dan tunjukan karakter IKI-3 yaitu inisiatif, kreatif, improvisatif, inovatif, dan ikhlas sehingga tujuan latihan ini dapat tercapai.

    Pada kesempatan itu, Danseskoau menekankan kepada seluruh pihak yang terlibat untuk melaksanakan secara maksimal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Setiap individu, katanya, harus benar-benar mempersiapkan diri baik secara fisik maupun keilmuannya karena latihan ini merupakan momen berharga bagi Pasis di mana setiap Pasis memiliki tugas dan perannya masing-masing, jangan lalai bahkan harus bertanggung jawab terhadap peran tersebut, termasuk Pasis yang tergabung dalam staf harus mendukung semaksimal mungkin agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus