Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Cegah Kegawatan, Deteksi Dini Covid-19 ke Fasyankes

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_42799.jpg

    KOTA BANDUNG- Selain memperkuat sistem kesehatan, juga pentingnya kesadaran masyarakat mendeteksi dini Covid-19 untuk menekan risiko kematian. Demikian Dikemukakan Ketua Divisi Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jawa Barat Marion Siagian, dalam Podcast Juara. 

    Menurut Marion, deteksi dini bisa dilakukan dengan memahami gejala-gejala Covid-19, dan jika menderita salah satu gejala, segera lakukan skrining di Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) terdekat. 

    "Saat ini, banyak pasien Covid-19 yang datang ke rumah sakit dalam keadaan gawat dengan saturasi oksigen yang rendah, sehingga pasien telat mendapatkan penanganan dan mengakibatkan kematian," ucapnya.

    Marion mengatakan, yang harus diwaspadai, yaitu saat ini banyak pasien yang masuk rumah sakit dengan kondisi yang agak berat serta mempunyai komorbid. Atau yang masih muda datang dalam fase yang sudah berat dan kritis," ucapnya. 

    "Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mengetahui gejala-gejala Covid-19 dan langsung melakukan skrining apabila mengalami gejala Covid-19. Dengan begitu, pasien Covid-19 akan cepat mendapatkan penanganan dan perawatan," imbuhnya.

    Dilansir situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), gejala Covid-19 paling umum adalah demam, batuk kering, dan rasa lelah. Gejala lainnya yakni hidung tersumbat, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan kehilangan penciuman. Gejala-gejala yang dialami biasanya bersifat ringan dan muncul secara bertahap.

    (Parno/ Humas Jabar)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus