Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    SPBE Wujud Pelayanan Publik Berkualitas dan Terpercaya

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_41975.jpg

    Kab. Sukabumi --- Sesuai dengan amanat Peraturan Presiden No 95/2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Perangkat Daerah harus  informatif kepada masyarakat untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, akuntabel, transparan serta dapat dipertanggungjawabkan.

    Untuk mengimplementasikan hal tersebut, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DKIP) Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Kick Off Meeting Penyusunan Road Map SPBE di salah satu hotel dikawasan Selabintana Sukabumi, Senin (13/4/21).

    Acara yang dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi Iyos Somantri itu menerapkan tata cara pelaksanaan kegiatan sesuai dengan protokol kesehatan.

    Dalam laporannya Plt. Kepala DKIP Eki Radiana Rizki  menyampaikan, acara Kick Off Meeting ini selain diamanatkan regulasi juga untuk mengimplementasikan layanan pemerintah yang well information sekaligus mencerdaskan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

    "Kick Off Meeting ini bertujuan menerapkan SPBE secara efektif sehingga terpenuhinya hak-hak publik terhadap informasi, yang berkualitas, selain itu untuk membangun sinergitas antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi dengan stakeholder dalam meningkatkan sumber daya manusia unggul dan terampil dalam pemanfaatan teknologi digital," katanya.

    Sementara itu Wabup menekankan bahwa di era 4.0, digitalisasi menjadi perhatian besar dari semua kalangan termasuk pemerintah daerah untuk mempercepat dan mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi secara cepat akuntabel.

    "Digitalisasi ini menuntut pemerintah pusat dan daerah agar mampu memanfaatkannya secara cepat dan tepat terutama dalam perbaikan pelayanan publik, oleh karena itu sebagai penguatnya pemerintah mengeluarkan Perpres no 95/2018 tentang SPBE," katanya.

    Dengan adanya regulasi tersebut, Wabup berharap tata kelola pemerintahan di Kabupaten Sukabumi menjadi semakin baik melalui terwujudnya pelayanan publik berkualitas dan terpercaya.

    "Kita ingin Pemkab Sukabumi segera punya konsep  tenang sistem dan aplikasi yang kuat dan terintegrasi, jadi melalui Kick Off Meeting ini kita ingin seluruh aplikasi di tiap perangkat daerah menjadi satu dalam SPBE yang dikoordinasikan oleh Kominfosan," katanya.

    Wabup mengatakan, dalam percepatan mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang maju, religius dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir batin maka dalam 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati,  semua perangkat daerah dalam lingkup Pemkab Sukabumi dituntut untuk menciptakan manajemen pemerintahan yang responsif.

    "Responsif terhadap hak publik terkait dengan kebutuhan teknologi Informasi serta meningkatkan efektivitas pelayanan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sukabumi," ujar Wabup. 

    Di akhir acara dilaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama implementasi SPBE Kabupaten Sukabumi oleh Wabup diikuti Plt. Kadis Kominfosan, Kepala Bagian Kerjasama dan Strategis Universitas Telkom Bandung juga Perangkat Daerah. (Diskominfokab.Sukabumi/Luthfi)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus