Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Satpol PP Provinsi Jabar Gelar Forum Praja Wibawa

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_41833.jpg

    KAB. PURWAKARTA – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menggelar Forum Praja Wibawa Wilayah Barat dengan tema “Peran Satpol PP untuk perubahan perilaku masyarakat melalui implementasi Peraturan Daerah Provinsi Jabar No. 5 Tahun 2021” di Prime Plaza Hotel, Purwakarta, Rabu-Kamis (31/3/2021-1/4/2021) dengan menerapkan protokol Kesehatan.

    Sekretaris Satpol PP Provinsi Jabar, Khoirul Naim,dalam laporannya mengatakan eksistensi peran Satpol PP di saat pandemi Covid-19 patut dibanggakan karena selalu berada di garis terdepan menghadapi masyarakat, baik yang terpapar maupun tidak.

    “Dikala menghadapi pandemi Covid-19 dan beradaptasi dengan Covid-19, Satpol PP tetap dituntut perankan penegakkan perda dan perkada, sekaligus diberi tanggung jawab terbentuknya perilaku masyarakat yang mampu survive hadapi Covid-19 dan patuhi protokol kesehatan karena kesadaran sendiri,” katanya.

    Khoirul mengatakan stigma masyarakat perlu dijadikan semangat perubahan Satpol PP, terutama perubahan pola pikir terhadap tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dan pola sikap saat jalankan tupoksi. Konotasi negatif terhadap penugasan ke Satpol PP perlu dijadikan penyemangat untuk mewujudkan loyalitas kinerja yang optimal dengan tetap mempertahankan integritas dan mengutamakan kepentingan masyarakat.

    “Lemahnya kapasitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Satpol PP perlu disuarakan bersama untuk diperhatikan, karena sudah menjadi tanggung jawab pemerintah dan pemerintah daerah untuk menguatkan profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya anggota Pol PP dalam menjalankan tupoksi, agar secara psikis mampu humanis di tengah respon sinis,” katanya.

    Khoirul berharap tantangan dan peluang tersebut perlu dibangun bersama melalui kegiatan Forum Praja Wibawa ini. Tujuan forum ini agar terciptanya pola pikir dan pola sikap Satpol PP yang berwawasan perlindungn masyarakat, matang dalam bertindak serta humanis dalam bersikap.

    “Satpol PP adalah pelindung masyarakat agar masyarakat dapat beraktivitas, aktivitas berjalan karena terciptanya ketertiban dan ketentraman, serta masyarakat patuhi kebijakan karena kesadaran,” katanya.

    Turut hadir Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri Benhar E. Rondonowu, Kepala Satpol PP Provinsi Jabar Afriandi, Polda Jabar, IPDN, Bappeda Provinsi Jabar, Dinas Perhubungan Provinsi Jabar, Komandan Denpom Kogartap II Bandung serta Kasatpol PP kota/kabupaten wilayah Barat.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus