Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pentingnya "SIINas" Bagi Pelaku Industri di Zaman Digital Seperti Ini

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_41436.jpg
    CIAMIS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP), melakukan kegiatan Sosialisasi Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) yang diikuti oleh puluhan pelaku industri bertempat di Gedung Dekopinda, Rabu (24/02/21).

    Sekdis DKUKMP Dadan Wiadi ST, MT mengatakan SIINas dapat didefinisikan sebagai suatu sistem informasi terpadu yang didalamnya berisi data dan informasi tentang industri nasional.

    "Sistem ini akan digunakan oleh perusahaan, asosiasi industri, pengelola kawasan industri, pemerintah daerah, kementerian/lembaga terkait, masyarakat", jelasnya.

    Lebih lanjut, ruang Iingkup SIINas meliputi proses pengumpulan data, pengolahan, hingga penyajian informasi. Salah satu metode pengumpulan data yang akan diterapkan adalah penyampaian laporan produksi secara online yang dilakukan oleh perusahaan industri dan pengelola kawasan industri.

    “Semua informasi dan data kedepan harus berbasis elektronik atau digital, dan harus di-upload”, lanjutnya.

    Sebagai timbal-balik, perusahaan industri dapat bebas mengakses informasi industri yang disediakan oleh Kementerian Perindustrian, seperti informasi mengenai peluang pasar, regulasi, perkembangan ekspor impor, dan lain-lain.

    Dadan mengatakan, cara mengaksesnya terbilang sangat mudah, cukup dengan mencari di jejaring internet dengan alamat siinas.kemenperin.go.id lalu mendaftar dan ikuti arahan prosedurnya.

    Menurut Dadan di Kabupaten Ciamis jumlah industri yang sudah terdaftar di SIINas pada tahun 2020 baru berkisar 12 industri. Ini artinya Pemkab Ciamis sudah menyampaikan dan tentu ini sudah berjalan. (Diskominfokab.Ciamis/Luthfi)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus