Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Mengenal Tesis sebagai Sebuah Karya Ilmiah

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_41245.jpg

    BANDUNG - Pasis Seskoau Angkatan Ke-58 menerima pembekalan penulisan tesis dari Dekan FISIP Universitas Padjajaran, Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.I.P., S.Si., M.T., M.Si (Han)., secara virtual di Gedung Widya Mandala I, Seskoau, Lembang. Senin (8/2/2021).
     
    Acara yang dikemas ceramah “Mengenal Tesis Sebagai Sebuah Karya Ilmiah” digelar dalam rangka memberikan gambaran, informasi, dan keterampilan tata cara penulisan tesis bagi Perwira Siswa (Pasis) Seskoau.
     
    Widya mengatakan bahwa pada dasarnya skripsi dengan tesis adalah sama yaitu sebuah karya ilmiah, namun yang membedakan tingkat kedalaman pembahasan dan kompleksitas data, informasi yang digali. Untuk tesis, lanjutnya, dikatakan sebagai karya ilmiah Magister atau S2 dan berdasarkan Perpres Nomer 8 Tahun 2012 tentang KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) capaian lulusan S2 yaitu mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuan atau praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
     
    “Selanjutnya mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuan melalui pendekatan inter atau multidisipliner, serta mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional maupun internasional,” katanya.
     
    Untuk menulis tesis, lanjut Widya diperlukan langkah-langkah yaitu pemilihan topik yang akan dibahas sebagai salah satu tahapan yang sangat menentukan dalam penyelesaian studi.

    “Kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang perlu diteliti dan ingin kita pelajari, sehingga secara efektif dapat memanfaatkan waktu agar selesai tepat waktu,” katanya.
     
    Setelah itu, lanjutnya, mulailah menulis dari bab pendahuluan, kajian pustaka, kerangka pemikiran, metodologi, daftar pustaka, dan lampiran.

    “Perlu diingat, bahwa tesis yang baik adalah tesis yang selesai tepat waktu dengan bimbingan dan dukungan pihak-pihak akademis agar menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat secara luas,” ujarnya. (penSESKOAU/Luthfi)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus