Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati Ciamis Sosialisasikan Program PAUD Satu Tahun Pra-SD

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_41178.jpg

    CIAMIS - Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya mensosialisasikan Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Satu Tahun Pra Sekolah Dasar (SD) secara virtual via zoom meeting. Bertempat Aula Setda Kabupaten Ciamis, Selasa (2/2/2021).

    Kegiatan Sosialisasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis ini diikuti langsung oleh Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, Sekretaris Daerah, Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Bunda PAUD Kabupaten Ciamis, Bunda PAUD Kecamatan, Penilik PAUD, Pengawas TK dan Pengelola PAUD se Kabupaten Ciamis yang di siarkan melalui channel youtube Dinas Komunikasi dan Informatika.

    Herdiat mengatakan maksud penyelenggaraan PAUD Satu Tahun Pra-SD ini adalah untuk membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral, nilai-nilai agama, emosional, bahasa fisik motorik dan kemandirian.

    “Yang menjadi tujuan penyelenggaraan PAUD satu tahun sebelum memasuki jenjang pendidikan SD, sebagai upaya dalam mempersiapkan peserta didik untuk beradaptasi dengan lingkungan dan yang lebih utama adalah persiapan mental yang diperlukan untuk mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya," katanya.

    Ia menjelaskan saat ini Ciamis masih belum bisa melaksanakan sekolah tatap muka sesuai SKB empat menteri karena kondisi yang belum memungkinkan untuk tatap muka.

    "Saat ini kondisi kita ada di level oranye kalau melandai bisa ke level kuning dan bisa belajar secara tatap muka namun secara parsial," jelasnya.

    Herdiat mengatakan penerimaan peserta didik dalam penyelenggaraan PAUD Satu Tahun Pra-SD akan dilaksanakan oleh Disdik, di mana dalam penyelenggaraan PAUD Satu Tahun Pra-SD pemerintah daerah dapat memanfaatkan sumber daya daerah dan bekerjasama dengan pihak terkait.

    "Gerakan percepatan program penuntasan PAUD Satu Tahun Pra-SD dilaksanakan di kecamatan, kelurahan dan desa," jelasnya.

    Lebih rinci Herdiat mengatakan, jumlah peserta didik dalam penyelenggaraan PAUD sebelum memasuki jenjang pendidikan dasar baik PAUD formal maupun non formal paling sedikit sepuluh orang anak.

    Ia mengatakan penerimaan peserta didik dalam penyelenggaraan PAUD sebelum memasuki jenjang pendidikan dasar dilaksanakan tanpa tes atau proses seleksi.

    Sementara itu Plt. Kepala Disdik Kabupaten Ciamis, Dr. Asep Saeful Rahmat, M.Si mengatakan dengan kegiatan sosialisasi ini diharapkan mendapatkan data seluruh anak usia 5-6 tahun yang belum terdaftar di satuan PAUD dan dapat memfasilitasi seluruh anak usia 5-6 tahun, supaya bisa terlayani pada satuan pendidikan.

    Sampai dengan bulan Desember 2020 jumlah anak usia 5-6 tahun berjumlah 36.709 orang sedangkan anak yang terlayani PAUD usia 5-6 tahun berjumlah 28.185 orang.

    "Jadi masih tersisa yang belum mendapatkan PAUD sebanyak 8.524 orang," tandasnya. (Diskominfokab.Ciamis/luthfi)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus