Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Siswa SD Taruna Bakti Belajar Melestarikan Lingkungan dari Dosen SBM ITB

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_41131.jpg

    BANDUNG - Untuk menumbuhkan kesadaran menjaga lingkungan hidup, tim Teras Hijau Project (THP) yang tergabung dalam Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung menyelenggarakan workshop "Belajar Menanam dan Membuat Cerita. (Sabtu, 30/1/2021). 

    Workshop yang diikuti siswa dan siswi SD Taruna Bakti itu dikemas dengan memberikan cerita naratif atau storytelling tentang lingkungan. Diikuti oleh dua puluh siswa terpilih SD Taruna Bakti, kelas tiga sampai lima. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Kepala Sekolah SD Taruna Bakti Ibu Agustine, beserta jajaran Guru SD Taruna Bakti. Sehari sebelum pelaksaan acara ini, siswa-siswi sudah mendapatkan paket seperangkat alat dan bahan bercocok tanam. 

    Perwakilan THP & Dosen SBM ITB Nurlaela Arief mengatakan, “Dalam workshop ini, anak-anak akan dikenalkan tentang fenomena alam, lingkungan sehat serta pentingnya melestarikan alam. Kami mengemas acara ini melalui komunikasi yang berbasis narasi dan menerapkan storytelling. Sesuai dengan prinsip-prinsip tujuh belas target pembangunan global (Sustainable Development Goals) dan prinsip pembangunan berkelanjutan bahwa apa yang kita nikmati sekarang, harus bisa dinikmati oleh anak cucu kita kelak, dengan kualitas yang sama seperti yang kita nikmati sekarang” katanya.

    "Komunikasi tentang lingkungan bisa dimulai dari keluarga, inisiatif ini yang coba kami angkat, dimulai dari storytelling tentang lingkungan dari anak kepada ayah bunda dan keluarganya”. Imbuh Nurlaela

    Sebagai narasumber Kak Iden, CEO Kidzadventura & Duta Baca Jawa Barat yang juga merupakan alumi SBM ITB menyampaikan "Belajar dan berdiskusi bersama adik-adik Taruna Bakti dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Teras Hijau Project benar-benar sangat mengesankan, selain adik-adiknya begitu antusias, materi yang saya bawakan juga begitu menyenangkan terlebih isu menjaga lingkungan sedang hangat di tengah masyarakat, mengingat bencana alam yang terjadi bertubi-tubi di Indonesia dewasa ini" ungkap Iden.

    Sementara itu, Melia Famiola, selaku founder dari Teras Hijau Project dan Koordinator PRME SBM ITB menambahkan “Ketika anak mengerti tentang lingkungan, anak akan terdorong untuk ikut melestarikan lingkungan. Hal itu juga yang menjadi pertimbangan tim SBM ITB mengajarkan anak agar memiliki inisiatif lingkungan seperti menanam pohon dan mengelola sampah. Melia berharap, dengan mengenalkan anak tentang pengelolaan sampah misalkan, anak bisa berperan dalam mencegah terjadinya banjir. 

    “Melalui workshop, kami juga ingin memperkenalkan program Teras Hijau Project yang merupakan program pengabdian kepada masyarakat dari dosen SBM ITB yang melibatkan mahasiswa dan alumni Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pertanian di lingkungan perkotaan atau urban farming, ketahanan pangan dan pengurangan sampah organik. THP telah diresmikan oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial dengan lokasi kebun berada di Jalan Sukaraja, Bandung sekitar 500 meter dari gerbang tol Pasteur” tambah Melia. 

    Workshop ini akan dilanjutkan pada sabtu mendatang, 6 Februari 2021, dimana anak-anak harus menceritakan kembali pengalamannya saat menanam, menyiram serta aksi lingkungan lainnya yang melibatkan keluarga. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus