Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kopi Java Preanger Tembus Pasar Australia

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_39580.jpg

    BANDUNG - Kopi asal Jawa Barat Java Preanger kini tembus ke pasar Australia. Hal itu terungkap dengan diekspornya kopi Java Preanger sebanyak lebih dari 16 ton oleh petani kopi Wildan Mustafa ke Australia. Pelepasan ekspor kopi dilaksanakan di halaman rumah dinas Gubernur,  Gedung Pakuan Kota Bandung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Jumat sore (9/10/2020).

    "Ini berita menggembirakan di tengah berita-berita menghawatirkan seperti covid dan gelombang unjuk rasa kemarin" kata Kang Emil.

    Sebenarnya menurut Kang Emil penjajakan pemasaran kopi asal Jawa Barat ke Australia sudah dimulai beberapa tahun lalu oleh Pemprov Jabar.

    "Sudah ada kedai kopi Jawa Barat di sana yang diberi nama Jabarano. Kalau tidak keburu Covid, mungkin kita sudah bisa membuka yang kedua dan yang ketiga di beberapa kota besar di Australia. Tapi alhamdulillah saat ini, di tengah pandemi, pihak swasta juga sudah bisa ekspor sendiri" ujarnya.

    Sementara itu menurut petani pengekspornya Wildan Mustafa, ekspor kopi ke Australia ini untuk pertamakalinya dilakukan antar pengusaha.

    "Ini B to B atau antar pebisnis, walau dari kita difasilitasi dan dibantu juga oleh Kemendag RI" ungkap Wildan.

    Wildan menuturkan pasar Australia, Eropa dan Amerika menyukai jenis fresh kopi. Berbeda dengan pasar Asia, yang selain fresh kopi, juga menyukai kopi olahan.

    "Australia ini sama dengan Eropa san Amerika yang menyukai fresh kopi atau kopi asli baik masih berupa biji kopi atau green bean atau yang sudah digiling" papar Wildan. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus