Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jelang Pemilihan, Moka Dikarantina Tiga Hari

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_2979.jpg

    BANDUNG - Selama tiga hari, 50 finalis Mojang dan Jajaka Jawa Barat 2011, di karantina di Hotel Bumi Kitri, Cikutra Kota Bandung, dari tanggal 21-23 November 2011. Ke-50 finalis, pada hari pertama diberikan pengetahuan dan wawasan tentang Service Exellent, kepariwisataan, seni budaya, serta etika dan jati diri kesundaan.    

    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat   Herdiwan  mengatakan ke-50 finalis ini selama tiga hari akan diberikan materi-materi yang berkaitan dengan wawasan pariwisata, seni budaya, etika baik itu kepribadian dan kemandirian, etika kesundaan, Guiding Technic, Public Speaking, dll.

    “Tidak hanya wawasan dan pengetahuan pariwisata dan seni budaya saja yang diberikan, tapi juga pembelajaran bahasa inggris, (Practical English In Tourism) , tata rias dan busana daerah khas Jawa Barat dan Table Manner.  Pemberian materi diberikan oleh orang-orang ahli di bidangnya, baik itu oleh seniman, budayawan, pakar pariwisata,” ujarnya.

     Setiap  perwakilan kabupaten kota, akan memprestasikan makalah tentang daerah masing-masing, mulai dari pariwisatanya, seni dan budaya.  Selain itu, Mojang dan Jajaka dituntut harus memiliki daya juang untuk memajukan daerahnya serta memiliki ide dan kreativitas untuk memajukan dan mengembangkan baik itu pariwisatanya serta seni dan budayanya.

    “Kita juga ingin mengubah paradigma dan pandangan masyarakat terhadap keberadaan Mojang dan Jajaka Jabar. Moka harus bisa menjadi pelopor seni budaya Jawa Barat. Finalis bisa membawa nama daerahnya masing-masing, dengan membawa seni budaya dan pariwisatanya,” tuturnya.

     Herdiwan menjelaskan finalis Mojang dan Jajaka 2011 merupakan perwakilan dari 25 kabupaten dan kota di Jawa Barat. Moka yang terpilih, merupakan duta promosi Jawa Barat, yang akan membawa, memperkenalkan pariwisata andalan, serta seni dan budaya khas Jawa Barat, baik itu promosi ke dalam ataupun ke luar negeri.

    Pasanggiri Mojang dan Jajaka 2011 tingkat Jawa Barat tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-18 kalinya sejak tahun 1983. Tahun 2011 penyelenggaraan diikuti 50 peserta atau 25 perwakilan dari Kota dan Kabupaten di Jabar, tanpa diikuti peserta dari Kota Tasikmalaya.

    Sementara itu, unjuk Kabisa Moka Jabar 2011 akan digelar 24 November 2011 , di Balai Pengelolaan Taman Budaya, Dago Kota Bandung. Para finalis akan menampilkan keahliannya di bidang seni dan budaya. Sedangkan, malam grand final Mojang dan Jajaka Jawa Barat 2011, di 26 November 2011, di Graha Batununggal Indah, Batununggal, Kota Bandung. Rencananya, acara akan dibuka dan disaksikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan dihadiri pula oleh Putri Indonesia 2011 Maria Selena.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus