Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tingkatkan Pelayanan, PLN Perkuat Tim PDKB Jabar

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_33498.jpg

    PURWAKARTA - PT PLN (persero) memiliki 'pasukan khusus' yang terlatih melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor maupun komponen lainnya pada jaringan listrik. Pasukan tersebut melakukannya tanpa memadamkan aliran listrik atau dikenal dengan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

    Hari ini sebanyak 18 tim PDKB dari 17 Area PLN se-Jawa Barat berkumpul di Purwakarta melakukan Bakti PDKB-TM 2019. Kegiatan ini untuk meningkatkan konsolidasi dan kinerja 197 personil PDKB melalui pekerjaan serentak perbaikan dan pemeliharaan jaringan listrik di sejumlah titik yang telah ditentukan. Potensi jumlah listrik dalam satuan kilo Watt hour (kWh) yang terselamatkan dalam kegiatan ini mencapai 456.846,88 kWh atau setara dengan pendapatan senilai Rp 480.146.066,37

    General Manager PLN Distribusi Jawa Barat (Jabar), Iwan Purwana saat pelepasan Bakti PDKB mengatakan, tujuan utama PDKB adalah agar pelanggan tetap dapat menikmati listrik tanpa pemadaman.

    "Seiring dengan ekspektasi pelanggan yang semakin tinggi, peranan PDKB dapat menjadi salah satu strategi untuk mengoptimalkan kontinuitas dan kecepatan pelayanan agar pelanggan tidak mengalami pemadaman saat pemeliharaan," kata Iwan dalam keterangan tertulis di Purwakarta, Kamis (27/6/2019).

    Iwan menegaskan, keselamatan selalu menjadi perhatian utama meski pasukan khusus PLN bekerja tanpa memadamkan listrik. Dia menyebut menjadi personil PDKB itu tidak mudah. Kita tetap memegang komitmen untuk Zero Accident (tidak boleh ada kecelakaan kerja), patuh pada SOP, Teamwork dan Profesionalisme. Kemudian adanya Bakti PDKB-TM ini untuk terus memperkuat komitmen itu," ujarnya.

    Dalam kesempatan yang sama, Camat Jatiluhur , Drs.R.Dedi Kusmayadi,M.Si memberikan apresiasi atas kegiatan Bakti PDKB. "Kami dari Pemerintah purwakarta sangat berterimakasih kepada PLN telah menerjunkan tim khususnya untuk melakukan pemeliharaan jaringan listrik di kota purwakarta. Kami berharap dengan kualitas keandalan jaringan listrik yang bagus, dapat menunjang perekonomian maupun pembangunan di Kota purwakarta ini," ujarnya.

    Selama 2018, melalui kegiatan pemeliharaan jaringan listrik tanpa harus melakukan pemadaman, jumlah kWh yang diselamatkan oleh tim PDKB-TM PLN Disjabar sebesar 43.343.700,65 kWh atau setara dengan nilai pendapatan Rp 46,7 miliar.

    Sedangkan di tahun ini hingga Mei, jumlah kWh yang diselamatkan mencapai 10.380.164 kWh dan setara Rp11.697.461.012 

    Sejak 2018, PLN Distribusi Jawa Barat baru memiliki 3 regu Tim PDKB-TM Sentuh Langsung yang berada di Area Bandung, Area Bogor dan Area Bekasi.

    Tim PDKB-TM Sentuh Langsung merupakan tim yang dapat memperbaiki jaringan udara tegangan menengah (SUTM) dengan cara menyentuh langsung jaringan tersebut, menggunakan sarana pendukung antara lain kendaraan crane yang berisolasi tahan 24.000 Volt untuk membawa petugas ke posisi mendekati jaringan, boom isolasi yang tahan tegangan 130 kV; dan bucket isolasi yang tahan tegangan 40 kV.

    Para personil yang teribat dalam pekerjaan ini harus menggunakan sleeve (pelindung/isolasi lengan) yang tahan 40 kV, sarung tangan isolasi yang tahan 30 kV, dan sepatu boot isolasi yang tahan 30 kV. Kelebihan dari Tim PDKB-TM Sentuh Langsung adalah dapat bekerja 3 kali lebih cepat daripada Tim PDKB-TM dengan metode berjarak yaitu menggunakan tongkat khusus dan tidak menyentuh langsung jaringan. (Pun).

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus