Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pelayanan E-KTP di Kabupaten Garut Mulai Digelar

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/e-ktp-garut.jpg

    GARUT- KTP berbasis NIK (Nomor Induk Kependudukan) secara Nasional atau lebih dikenal KTP Elektronik (e-KTP) secara resmi mulai digelar. Kepastian itu diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, setelah pihaknya menerima Tim Supervisi Penerapan KTP Elektronik Kementerian Dalam Negeri.

    Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut, Drs. H. Darsani, M.Si, didampingi Kabid Pengawasan dan Informasi sekaligus Sekretaris Tim Kerja Penerapan KTP Berbasis NIK Kabupaten Garut, Drs. Teddy Sutandy K,M.Pd., kepastian ini diperkuat dengan kenyataan setelah timnya meninjau kesiapan beberapa kecamatan yang dikunjunginya. “Jadi hari ini Kabupaten Garut mulai melaksanakan KTP Elektronik Massal”, sebut Darsani, di ruang kerjanya, Jum’at (14/10).

    Pihaknya jauh-jauh hari telah mempersiapkan 170 operator demi keberhasilan program e-KTP, terlebih Garut dijadikan pilot project, dari 197 kabupaten/kota di Indonesia. Kesiapan dilakukan melalui pelatihan kepada 170 operator di seluruh Kabupaten Garut untuk disebar di 42 kecamatan, termasuk sosialisasi di 42 kecamatan. Bahkan pihaknya pun telah bekerja sama dengan pihak PLN terutama dalam penambahan catu daya listrik. “Setiap kantor kecamatan kita tingkatkan catu dayanya menjadi 1.300 hingga 2.200 VA”, ujar Teddy.

    Pada pelaksanaan tahap pertama setidaknya ada 10 kecamatan yang telah siap melaksanakan KTP Elektronik massal, seperti Kecamatan Garut Kota, Tarogong Kaler, Tarogong Kidul, Karangpawitan, Wanaraja, Banyuresmi, Samarang, Pasirwangi, Bayongbong, dan Kecamatan Cilawu. Sementara sisanya hingga saat ini masih menghadapi kendala diakibatkan sistem jaringan online mengalami gangguan, sehingga konektivitas ke pusat mengalami hambatan, selain karena memang topografi daerahnya yang berbukit-bukit. Meski demikian, secara keseluruhan pelaksanaan KTP elektronik ini bisa rampung hingga penghujung tahun ini. “Mudah-mudahan tahun 2012, masyarakat Garut sudah memiliki KTP berbasis NIK", kata Darsani.

    KTP berbasis NIK secara Nasional (KTP Elektronik) adalah KTP yang memiliki spesifikasi dan format KTP Nasional dengan sistem pengamanan khusus yang berlaku sebagai identitas resmi. Penerbitan e-KTP adalah pengeluaran KTP baru atau penggantian KTP karena habis masa berlakunya, pindah, rusak atau hilang. Setiap penduduk wajib KTP, setelah melalui verifikasi data, akan diambil dan direkam mulai dari wajah, tanda tangan dan sidik jari.

    Sebagaimana diketahui Kementerian Dalam Negeri RI melaksanakan Program Penerapan e-KTP secara bertahap pada Tahun 2011 dan 2012. Penerapan e-KTP dilaksanakan di 197 Kabupaten dan Kota se-Indonesia, dan Kabupaten Garut termasuk salah satu diantaranya. Garut bersama 10 daerah di Jawa Barat ditunjuk untuk penerapan e-KTP pada tahun 2011. Sepuluh daerah lainnya di Jabar adalah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Ciamis, Kota Cimahi, Kabupaten Sumedang, Kota Sukabumi, Kota Depok, dan Kota Bekasi.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus