Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pelestarian DAS Citarum dengan Tanam Pohon Bambu

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_30857.jpg

    BANDUNG-Citarum Akademi, sebuah komunitas masyarakat peduli lingkungan melakukan aksi tanam bambu di Hutan Penelitian Arcamanik, Kabupaten Bandung. Penanaman ini bertujuan untuk menyediakan tanaman bambu untuk memelihara bagian Hilir Citarum.

    Koordinator Citarum Akademi Mastok Setyanto mengatakan penanaman yang melibatkan generasi muda ini dilakukan agar regenerasi berlangsung. Lembaga ini memiliki anggota dari enam perguruan tinggi di Bandung.

    "Kami sengaja mengajak anak-anak muda itu masuk hutan dan menanam bambu. Diharapkan, mereka bisa merasakan bagaimana memelihara air dari hulu hingga hilir," kata Mastok, Rabu (28/11).

    Mastok menyebutkan, bambu terbilang tanaman istimewa. Pasalnya, dari rumpun-rumpun bambu itu bisa mengikat air di dalam tanah. Faktanya, kini kebun bambu yang dikenal dengan nama hutan Bosbow di lahan seluas 16 ha itu mampu menghasilkan air sumber kehidupan masyarakat.

    "Hutan bambu di sini merupakan salah satu arboretum bambu di Jabar selain Taman Safari Indonesia. Lingkungan di sini harus dilestarikan dan dipelihara karena wilayah ini termasuk jalur patahan Lembang," tambahnya. 

    Citarum Akademi merupakan wadah ekspresi generasi milennial yang menerapkan kaidah konservasi dengan prinsip berkelanjutan (kontinu) dan berwawasan bela negara melalui pembangunan lingkungan sebagai bentuk kecintaan generasi muda Indonesia untuk mengabdi kepada tanah air. 

    “Dampak terhadap lingkungan yang diakibatkan oleh berbagai aktivitas pembangunan tersebut dianalisis dari sejak awal, sehingga langkah pengendalian dampak negatif dan pengembangan dampak positif dapat disiapkan sedini mungkin,” ujarnya di Bandung, Rabu (28/11).

    Penyadaran masyarakat akan pentingnya keseimbangan alam adalah salah satu bagian dari proses pemulihan yang terstruktur. Peningkatan pengetahuan masyarakat tentang lingkungan hidup dan pengelolaannya dapat dilakukan melalui beberapa cara, baik langsung maupun tidak langsung.

    “Citarum Akademi memberi solusi lingkungan kepada masyarakat akan pentingnya konservasi dan pembelajaran sejak dini, peningkatan kapasitas  sumber daya manusia (SDM), dan perubahan pola pikir tentang lingkungan yang berkelanjutan sehingga terjaganya sumber daya alam seperti kualitas air, udara, dan lahan yang saat ini terus menurun,” katanya. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus