Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    H. Darso Meninggal Dunia

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/darso.jpg

    KAB. BANDUNG – Seniman kawih Sunda Darso atau lengkapnya H Hendarso, Senin sore (12/9) pukul 15.00 WIB meninggal dunia di RSUD Soreang. Menurut penuturan kerabat almarhum Usep Ruhimat, H Darso meninggal karena sakit yang sudah lama dideritanya.

    “Beliau meninggal pukul 15, di RSUD Soreang, dan saat ini masih disemayamkan di rumah salah satu putranya Asep Darso di kawasan Warung Lobak Katapang Kabupaten Bandung” ujar Usep yang dihubungi lewat telepon selulernya.

    H Darso yang berusia 66 tahun, sudah lama malang melintang di dunia hiburan seni Sunda khususnya kawih atau tarik sura lagu-lagu Sunda. Memulai karirnya sebagai vokalis grup Clung Darso sejak tahun 70 han, hingga merambah ke dunia Pop Sunda. Pop Sunda inilah yang semakin melejitkan namnya di dunia hiburan tarik suara lagu-lagu Sunda hingga akhir hayatnya.

    Darso dikenal berpenampilan nyentrik khas penyanyi Pop dunia Michel Jacson, namun dengan suara khasnya yang enak didengar dan digandrungi masyarakat Jawa Barat. Lagu-lagu ciptaan kakak kandungnya Hendarto (Mang Uko) yang meledak di pasaran antara lain Maripi, Kabogoh Jauh, Tanjakan Burangrang, Dadali, dan lain-lain.

    “Beliau memang seniman besar dan konsisten di dunia tarik suara hingga kini. Bahkan saya telah mengundang beliau untuk manggung pada sebuah acara tanggal 25 September nanti, tapi sayang belai keburu pergi” ujar Usep.

    Karena kekonsistenannya, sudah sepantasnya pada tahun 2009, Darso mendapat Anugerah Budaya dari Pemkot Bandung, sebagai seniman Sunda yang konsiten pada jalurnya.

    Selamat Jalan Darso………….

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus