Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar Forum Grup Discussion (FGD)

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_30112.jpg

    KABSUKABUMI-Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mencari solusi dan strategi mengolaborasikan pengembangan wista Kawasan Geopark untuk mewujudkan Destinasi Pariwisata Berkelas Dunia (World Class Tourism) terutama mengintegrasikan kekayaan potensi pariwisata daerah yang khas dan memiliki daya saing global.

    Peserta yang hadir di ruang sanggabuana Gedung Sate Bandung tersebut tidak hanya Kabupaten Sukabumi saja, namun beberapa Kabupaten di Jawa Barat yang memiliki Potensi Geopark turut hadir, di antaranya Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Purwakarta.

    Selain saling bertukar informasi dan strategi mengenai perkemabangan kemajuan Geopark, Seluruh peserta juga bertukar pengalaman dan pengetahuan  bagaimana mengembangkan sebuah kawasan  Geopark. Salah satu penyampai  pemateri dan gagasan dalam acara tersebut adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi (SEKDA) H.Iyos Somantri.

    Sekda berharap dengan dilakukannya FGD, dirinya dapat mengindentifikasi serta mengumpulkan informasi sekaligus mencari solusi dan strategi pengembangan wisata Geopark dalam rangka mempromosikan pariwisata yang berada di provinsi Jabar hingga dikenal dunia.

    "Saya sampaikan sebuah ide pemikiran gagasan untuk kolaborasi pengembangan kawasan geopark dalam mewujudkan destinasi wisata berkelas dunia. Sebetulnya ini adalah proyek perubahan pada pelatihan kepemimpinan nasional tingkat 1. Proyek perubahan ini merupakan sebuah solusi dan inovasi, dan ini harus tuntas di akhir bulan november," jelas Sekda usai acara berlangsung.

    Sekda berharap, dengan adanya ide dan inovasi yang disampaikan dalam proyek perubahan yang dibuatnya, masing-masing kabupaten bisa memahami sistem dan strategi pengemban potensi pariwisata di daerah masing-masing.

    "Harapan saya, para undangan yang hadir lebih memahami dan mengetahui bagaimana menciptakan destinasi pariwisata kelas dunia di Jawa Barat khususnya destinasi pariwisata yang memiliki geoparknya," terangnya.

    Sementara itu, Eddy M Nasution, Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Assda II) Setda Jabar menyampaikan bahwa dalam pengembangan kepariwisataan di provinsi Jawa Barat perlu adanya kreativitas pelaku pembangunan daerah di dalam melihat potensi daerah yang dapat dikembangkan dan dibangun, khususnya bidang kepariwisataan untuk menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat.

    Maka dari itu, Asda II berharap dengan kegiatan FGD bisa memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi serta bagaimana tata kelola pengembangan geopark.

    "Dengan kegiatan FGD akan teridentifikasi secara komprehensif seluruh permasalahan yang dihadapi sekaligus dapat dirumuskan usulan langkah atau solusi pecahannya, baik jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang," ucapnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus