Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Masyarakat Harus Paham Hewan Qurban Sehat dan Layak

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29420.jpg

    BANDUNG-Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung menghimbau kepada masyarakat yang akan membeli hewan qurban baik sapi maupun domba untuk mengetahui atau paham hewan yang sehat dan layak sebelum membelinya.

    Menurut Kepala Dispangtan Kota Bandung, Elly Wasliah, ada beberapa kriteria hewan qurban yang sehat diantaranya terlihat dari tidak adanya penyakit mata, cacar sekitar mulut dan scabies (penyakit kulit) sedangkan kriteria hewan kurban yang layak, yaitu dari cukupnya usia, untuk sapi minimal berusia dua tahun dan domba berusia dua tahun atau sudah tanggal gigi, harus jantan dan tidak boleh cacat. 

    “Kebanyakan kasus hewan qurban tidak layak itu karena tidak cukup umur, sakit mata dan terkena penyakit kulit, karenanya penting bagi petugas untuk mendatangi para pedagang dan memeriksa hewan qurban," ucapnya.

    Di samping itu, kata Elly, untuk memastikan daging qurban yang dibagikan ke masyarakat tidak bermasalah, para petugas pemeriksa kesehatan daging qurban atau postmortem akan berkeliling ke masjid-masjid atau tempat pemotongan hewan qurban.

    "Penting bagi petugas kami untuk memastikan daging kurban yang dibagikan ke masyarakat tidak bermasalah,” tegas Elly, dalam sebuah acara di Balai Kota Bandung.

    Dispangtan mencatat, pada tahun lalu terdapat 7.148 ekor sapi dan 13.780 ekor domba yang dipotong atau total 20.928 ekor hewan qurban dan dari jumlah tersebut diketahui 33 sapi dan 12 domba di antaranya mengandung cacing hati. 

    Dan Sesuai edaran Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) untuk tidak menggunakan kantong kresek berwarna dalam membungkus daging qurban, karena dikhawatirkan mengandung karsinogenik yang berbahaya. Dan kalaupun tetap menggunakan kresek berwarna baiknya ada penutup dulu di dagingnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus