Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    FGD Pemanfaatan e-Government di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_29346.jpg

    PURWAKARTA-Diskominfo Jawa Barat mengadakan Focused Group Discussion (FGD) membahas tentang Pemanfaatan e-Government di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada Senin(13/08/2018) di Purwakarta. FGD tersebut dipimpin oleh Kepala Dinas Kominfo Jawa Barat, Hening Widiatmoko.

    Dalam FGD tersebut Kadis Kominfo Jawa Barat menyinggung tentang perbedaan smart city dan smart province. Smart city memiliki sebanyak 6 ekosistem, namun hanya ada 3 ekosistem di provinsi, karena kewenangan provinsi hanya terbatas dan tidak sebanyak kewenangan di kota. Namun sejauh ini belum ada definisi yang resmi dari pemerintah pusat mengenai smart province, oleh karena itu, para kepala dinas tingkat provinsi seluruh Indonesia memiliki asosiasi yang akan berkumpul di Surabaya dan akan ditindak lanjuti dengan diskusi yang berhubungan.

    Diskominfo Jawa Barat akan segera mewujudkan hal yang berkaitan dengan jaringan yang dibantu oleh PT. Telkom Indonesia. Telkom Indonesia menyediakan fasilitas pola belajar jarak jauh dan pendampingan jarak jauh dapat dilakukan secara virtual. 

    “Intinya kami sepakat untuk saling sharing karena di Bandung sering kedatangan dari provinsi lain untuk studi. Karena dianggap Jawa Barat sudah lebih maju dalam banyak hal, terutama yang berkaitan dengan statistik sektoral itu adalah salah satu data pembangunan, karena hanya satu-satunya provinsi yang ada di Indonesia yang sudah punya Perda data pembangunan hanya Jawa Barat,” ujar Kadis Kominfo dalam FGD.

    Perda yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Barat adalah Perda No. 24 Tahun 2012 tentang Satu Data Pembangunan Jawa Barat. Perda tersebut menginspirasi provinsi di Indonesia untuk membuat program “Satu Data” di seluruh Indonesia. Jawa Barat pun akan banyak dikunjungi tamu dari provinsi lain untuk mendalami Perda tersebut. Kepala Dinas Kominfo Jawa Barat mengatakan bahwa Provinsi Jawa Barat sudah lebih maju dari provinsi lain karena telah memiliki command center dan pengelolaan jaringan. Namun Kepala Dinas Kominfo Jawa Barat berharap agar kabupaten dan kota yang berada di Provinsi Jawa Barat bersama lebih maju. 

    Kadis Kominfo Jawa Barat mengusulkan untuk mewadahi hal yang berkaitan dengan statistik sektoral dan keamanan informasi atau yang sering disebut unit keamanan informasi, selaras dengan UU N0. 23 Tahun 2014 dan PP No. 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, persandian dan statistik sektoral  menjadi rumpun bagian dari Kominfo. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus