Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jero Wacik: Daerah Harus Peduli Pada Keraton

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_1862.JPG

    BANDUNG – Pemerintah Daerah mulai dari Gubernur, Walikota dan Bupati harus menunjukan kepeduliannya terhadap keberadaan keraton yang ada di daerahnya. Hal itu diungkapkan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik usai menghadiri pembukaan Silaturahmi Nasional Raja dan Sultan Nusantara di Gedung Merdeka Bandung, Sabtu (25/6).

    “Kepala daerah yang di daerahnya ada keraton, harus perhatian karena itu bisa menjadi land mark dan heritage, dan itu bisa dijadikan objek wista. Perhatian itu bisa ditunjukan dengan dukungan melalui pengucuran APBD. Tidak usah terlalu besar, ya misalnya cukup untuk merawat keraton” ujar Jero Wacik.

    Selain pemerintah daerah, yang juga harus peduli terhadap Keraton atau sisa-sisa budaya kerajaan di daerah adalah para pangusaha. “Yang kedua yang harus peduli adalah perusahaan. Melalui dana CSR-nya mereka diharapkan bisa membantu kelangsungan hidup keraton. Dan itu akan menguntungkan baik bagi daerahnya, pengusaha, dan keraton itu sendiri” tegasnya.

    Kementrian Budaya dan Pariwisata sendiri sebenarnya menganggarkan dana meskipun tidak besar, khusus untuk membantu beberapa event seperti Festival Keraton dan lain-lain, yang sifatnya sporadis, tidak permanen.

    “Kita mengaanggarkan setiap tahun untuk membantu festival di daerah, tetapi jumlahnya tidak besar-besaran, sifatnya sporadis, hanya untuk membantu operasional bukan untuk membangun” pungkas Jero Wacik.

    Silaturahmi Nasional Raja dan Sultan Nusantara ke-2 berlangsung di Bandung, dari tanggal 25-26 Juni 2011, dengan beberapa agenda, diantaranya merumuskan masukan-masukan penting penyelesaian masalah bangsa saat ini.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus