Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pusair Rancang Dermaga Terapung Pertama di Indonesia

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_25411.jpg

    BANDUNG- Indonesia kini miliki teknologi dermaga apung yang dirancang dan diciptakan oleh Pusat Litbang Sumber Daya Air Kementerian PUPR. Menurut Kepala Seksi Penyelenggara Teknis Balai Litbang Pantai, Dr. Leo Eliasta, ST., M.Sc dermaga apung itu dirancang atas kebutuhan nelayan, terutama nelayan di Kalibaru teluk Jakarta.

    "Kondisi Jakarta sangat berbeda dengan pantai lain dimana permukaan tanah pantainya atau daratan terus mengalami penurunan sehingga menyulitkan nelayan untuk bersandar setelah melaut," ujarnya di kantor Pusair Bandung, Rabu (18/10).

    Oleh karena itu menurut Leo, penerapan pertama dari teknologi dermaga apung itu dilakukan di Kalibaru Jakarta Utara sebagai pilot project.

    "Kita pilih Kalibaru karena wilayah penelitian kita di sana, sekaligus komunitas nelayannya juga cukup banyak," katanya.

    Teknologi dermaga apung itu menurut Leo adalah bisa mengikuti pasang surut air laut, sehingga memudahkan nelayan.

    "Ketika air surut dermaga ini ikut turun, demikian juga sebaliknya. Dengan demikian nelayan tidak akan kesulitan menyandarkan kapal atau perahunya dalam kondisi pasang maupun surut," jelas Leo.

    Dermaga apung yang dibuar dari rancangan beton itu mulai dikembangkan sejak tahun 2015 oleh Pusair, khususnya di Balai Litbang Pantai. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus