Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kenaikan Harga Garam Tidak Pengaruhi Inflasi

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24286.jpg

    BANDUNG–Dua pekan terakhir harga garam mengalami lonjakan dan tidak pasti. Hal itu karena alasan produksi yang mengalami penurunan sementara impor garam belum dilakukan. Namun rupanya kenaikan harga garam tidak terlalu berpengaruh pada inflasi, termasuk di Jabar.

    Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar, Dody Herlando mengatakan meski mengalami kenaikan tajam namun garam bukan komoditas utama yang dibutuhkan masyarakat.

    “Garam dengan beras beda, kalau beras naik ini akan menjadi pendorong inflasi, garam tidak demikian,” ujarnya, Selasa (1/8).

    Menurutnya ada 550 barang kebutuhan yang disurvei, namun garam meski alami kenaikan tidak termasuk yang memberikan andil inflasi. Namun menurutnya hal itu perlu diwaspadai karena garam dibutuhkan oleh industri.

    Seperti industri tekstil yang banyak terdapat di Jabar dan juga membuat ikan asin. Jika harga garam terus naik, maka akan ada biaya tambahan untuk membuat ikan asin atau produksi tekstil, yang dikemudian hari akan berdampak pada kenaikan harga produk tersebut. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus