Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ribuan Warga Garut Ikuti Budaya Sadar Bencana

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23127.jpg

    BANDUNG-Pengetahuan masyarakat terhadap bencana saat ini terus meningkat signifikan sejak terjadinya  tsunami di Aceh pada tahun 2004 lalu.

    Namun pengetahuan itu belum meningkat menjadi sikap dan perilaku sehari-hari sehingga seringkali menyebabkan korban bencana masih tinggi oleh karenanya  budaya sadar bencana harus terus disosialisasikan.

    Salah satu bentuk sosialisasi budaya sadar bencana adalah melalui edukasi "BNPB Mengajar" dan pendekatan kearifan lokal dengan gelar kesenian rakyat yang digelar di SDN Giriawas 03, Kampung Babakan Jolok, Desa Giriawas, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Sabtu (20/5) malam.

    Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, budaya sadar bencana masyarakat Garut masih cukup rendah padahal Garut merupakan salah satu wilayah yang rencan bencana.

    “Garut adalah daerah rawan multibencana yang lengkap seperti banjir, longsor, gempa, tsunami, erupsi gunung api, kekeringan, kebakaran hutan dan puting beliung,” ucapnya.

    Menurut Sutopo, materi yang diberikan kepada masyarakat Garut antara lain yang berkaitan dengan potensi bencana di daerah Garut dalam bentuk film animasi dan dongeng yang mudah diterima, diingat dan membuat anak-anak tertarik.

    “Kita menggelar kesenian tradisional wayang golek, dengan Dalang Opik Sunandar Sunarya Giriharja 3 di Alun-alun Bayongbong, Garut, dimana sosialisasi budaya sadar bencana diselipkan dalam cerita wayang golek,” katanya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus