Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bandung Wayang Festival Icon Baru Wisata Jabar

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/bwf.jpg

    BANDUNG – Wagub Jabar Yusuf Effendi berharap, Festival Wayang yang digelar selama 3 hari di akhir pekan kemarin bisa menjadi icon baru wisata budaya di Jabar. Menurut Wagub, festival itu sangat menarik karena selain menampilkan wayang tradisional, juga menampilkan wayang-wayang kontemporer baik dalam seni pertunjukannya, maupun dalam bentuk-bentuk lain.

    “Saya optimis jika ini dikelola dengan baik, maka akan manjadi icon baru objek wisata Jabar. Seperti kita lihat, daya tariknya adalah selain pertunjukan wayang tradisional atau konvensional, juga ada inovasi-inovasi baru dalam pertunjukan wayang yang biasa disebut kontemporer. Seperti memadukan wayang dengan multimedia, dengan seni instalasi, lukisan dan tokoh-tokoh heroik dunia” ujar Wagub.

    Wagub juga mengapresiasi keterlibatan para praktisi wayang dari luar negeri yang ikut tampil dalam festival wayang di Bandung itu. Seperti dalang dari Itali, Ekuador dan Jepang.

    “Dengan keterlibatan mereka, saya yakin wayang yang sekarang sudah diakui oleh PBB sebagai warisan budaya tak benda, bukan lagi milik Jawa Barat atau Indonesia, tetapi juga milik dunia. Hanya masalahnya, kalau PBB sudah mengakui, bagaimana dengan kita? Mampukah kita tetap memelihara keberadaan wayang?” tegasnya.

    Diberitakan sebelumnya, Yayasan Narada menggelar Bandung Wayang Festival yang digelar di Bale Pare Kota Baru Parahyangan Kabupaten Bandung Barat. Gelaran itu berlangsung dari tanggal 22-24 April dan dibuka oleh Wagub Jabar Yusuf Effendi.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus