Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    PLT Bupati Subang: "Jaga Lahan Pertanian"

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_18636.jpg

    SUBANG, Generasi muda Subang harus menguasai sektor pertanian. Karena Subang menjadi salah satu penghasil produk pertanian yang cukup potensial diantaranya ialah salah satu penghasil padi terbesar di Jawa Barat. Menurut Plt Bupati Subang, Imas Aryumningsih untuk itu perlu dipertahankan untuk meningkatkan perannya dalam Ketahanan Pangan.

    ”Keberhasilan ini tidak lepas dari peran para petani dalam menggarap lahan pertaniannya,” ujarnya pada sambutan dalam Mimbar Sarasehan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Subang di Aula Dekopinda Subang, Kamis (11/6/2016).

    Kemudian kata Imas, dengan rencana 2 proyek besar di Subang yaitu proyek Pelabuhan Internasional Patimban di Pusakanagara dan Bendungan Sadawarna diharapkan keberadaan pembangunan tersebut dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Subang khususnya di bidang pertanian dan perikanan.

    ”Yang terpenting para petani diharapkan menjaga lahan pertanian agar tidak menjadi lahan perindustrian,” imbuhnya.

    Selanjutnya sambutan Ketua KTNA Provinsi Jawa Barat, H. Oyo Sukarya yang menyatakan pertemuan antara pemerintah dengan kontak tani dan nelayan sangat penting karena diharapkan para petani dan nelayan mampu menyampaikan aspirasi dan menerima program pemerintah dan pemerintah harus bisa memberikan solusi yang terbaik dalam membantu memecahkan masalah-masalah di bidang pertanian dan perikanan.

    Kemudian Komandan Kodim/0605 Subang, Letkol Inf. Budi Mawardi Syam yang menyatakan sektor pertanian merupakan pilar utama ketahanan nasional, berharap sarasehan KTNA ini menjadi wadah dalam menyerap aspirasi para petani kepada pemerintah.

    Menurut Anggota Komisi IV DPR RI, H. Oo Sutisna menyatakan jumlah petani pada saat ini semakin menurun diharapkan generasi muda menjadi petani, terkait masalah para petani diharapkan harus diketahui oleh pemerintah dan diberikan solusi oleh pemerintah, kebijakan pemerintah harus berpihak kepada petani. Terkait alih fungsi lahan perlu diawasi oleh pemerintah.

    Kemudian Ketua KTNA Kab. Subang, Otong Wiranta melaporkan aspirasi para petani dan nelayan yang intinya penyelesaian infrastruktur yang belum sesuai rencana, diharapkan persediaan stok pestisida di lapangan tersedia, tenaga kerja bidang pertanian semakin berkurang, dibutuhkan pelatihan-pelatihan bagi para petani, peran bulog agar lebih optimal dalam menyerap gabah hasil petani. Diharapkan penambahan tanaga teknis di lapangan agar menghasilkan hasil yang lebih produktif dan optimal.

    Kepala Dinas Pertanian Kab. Subang serta para perwakilan kelompok tani nelayan Subang.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus