Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    KPPU: Mungkin Saja Permainan Kartel

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15777.jpg

    BANDUNG–Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Syarkowi Ma’ruf menegaskan, lonjakan harga daging ayam potong yang terjadi saat ini mungkin saja diakibatkan permainan kartel. Oleh karena itu pihaknya sedang melakukan penyelidikan langsung ke lapangan termasuk sidak ke pasar tradisional Cihaurgeulis Kota Bandung, Minggu (24/1).

    “Kami ingin melihat apakah ada kemungkinan permainan yang dilakukan mata rantai perdagangan ayam ini. Bisa saja ada permainan di tingkat kartel yang dikuasai dua persuahaan besar ayam ini, nanti kita selidiki, bisa saja mereka tidak melakukan persaingan usaha dengan sehat.

    Selain itu menurut Syarkawi, pihaknya juga akan melihat dan meneliti apakah kenaikan harga ayam potong ini ada kaitannya dengan kebijakan pemerintah dengan memusnahkan parent stock atau ayam indukan bulan September lalu.

    “Kami juga akan melihat apakah kenaikan itu akibat kebijakan pemerintah pusat yang memusnahkan parent stock atau indukan September 2015 lalu. Pemusnahan itu dilakukan karena over stock, dan bisa mengakibatkan kelangkaan DOC” katanya.

    Syarkowi berjanji KPPU akan mengumumkan hasil penyeledikan secepatnya. (Pun)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus