Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub : Dengan IPTEK, Pemprov. dan Polda Saling Memberi Informasi

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_15493.jpg

    BANDUNG-Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menghadiri Launcing Program Unggulan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jabar, di Graha Bhayangkara, Jl. CIcendo No. 29 Bandung, Selasa (29/12).

    Berbagai program unggulan inovatif ini diluncurkan Ditlantas Polda Jabar sebagai tindak lanjut untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan prima Kepolisian yang cepat, tepat, akuntabel transparan, informatif, dan sistematis berbasis Ilmu Pengetahuan & Teknologi (IPTEK).

    Menanggapi hal ini, Wagub Deddy mengatakan, memanfaatkan teknologi sangat penting. Karena akan memudahkan dalam melakukan pantauan di banyak titik (daerah). Sehingga Pemprov  dapat bekerjasama dengan pihak Kepolisian untuk saling memberikan informasi.

    “Sudah saatnya kita semua menggunakan teknologi untuk mempermudah segalanya. Jadi saya mengapresiasi tinggi ini,bahwa Jabar telah meluncurkan program yang memudahkan masyarakat.” Ungkap Deddy.

    “Saya kira ini sangat penting memanfaatkan teknologi, bekerjasama dengan Pemprov juga, karena kita juga punya daerah-daerah pantauan, nanti bisa connect dengan Kepolisian, sehingga bisa ada banyak titik yang dimonitor untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Seperti memberikan informasi kepada masyarakat agar menghindari tempat-tempat yang kemungkinan terjadinya kemacetan maupun kecelakaan yang sering terjadi disuatu tempat,” ujarnya.

    Senada dengan Deddy, Wakil Kepala Korp Lalu Lintas Mabes Polri, Brigjen Polisi Sambudi Gusdian juga mengatakan bahwa program berbasis online ini sejalan dengan upaya para aparatur pemerintah untuk hadir di tengah-tengah masyarakat.

    “Dengan program berbasis online ini, masyarakat bisa dengan mudah berkomunikasi dengan kita. Itu yang kita maksud, upaya untuk hadir di tengah masyarakat,” ungkap Sambudi.

    Sementara itu, Wakapolda Jabar Muhammad Taufik, yang hadir mewakili Kapolda Jabar Irjen Pol Moechgiyarto berharap, dengan sistim informasi yang baik angka kecelakaan lalu-lintas dapat ditekan, terlebih untuk korban jiwa.

    “Terwujudnya sistim informasi yang baik, diharap bisa menurunkan angka kecelakaan lalu lintas khususnya untuk korban meninggal dunia. Nyawa sangat berharga, keluarga menanti di rumah. Dengan ini semoga budaya tertib berlalu - lintas dapat terwujud,” katanya.

    Adapun Program Unggulan Tersebut diantaranya:

    I.  Road Accident Rescue (RAR) & Traffic Accident Analysis (TAA)

    RAR (Road Accident Rescue) Lantas adalah sebuah tim yang dibentuk Ditlantas Polda Jabar untuk menangani penyelamatan korban kecelakaan lalu – lintas (lakalantas). Ini ditujukan untuk menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu – lintas dengan memberikan pertolongan pertama sesegera mungkin.

    Disamping itu, dengan penanganan yang cepat diharap pula dapat mengungkap kasus kecelakaan lalu – lintas secara transparan dan akuntabel. Sehingga keadilan dan kepastian hukum, dapat diperoleh oleh pihak yang terlibat pada kecelakaan lalu – lintas, yang mendukung TAA (Traffic Accident Analysis) dalam proses penyidikan.

    II.  SIM Mobile Order (SIMOBO)

    Simobo adalah layanan public berbasis teknologi, merupakan aplikasi yang dapat diunduh secara Cuma – Cuma melalui playstore di android mobile. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengajukan perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) secara mandiri.

    III.  Program Revitalisasi RTMC

    RTMC Polda Jabar sebagai pusat komando kendali komunikasi dan informasi, memiliki peran dan fungsi strategis baik secara internal maupun eksternal, bagi seluruh masyarakat Jawa Barat juga para Stakeholder. Maka untuk meningkatkan layanannya tersebut, Ditlantas Polda Jabar meluncurkan beberapa inovasi yang memudahkan pelayanan masyarakat seperti sebagai berikut:

    1.  Aplikasi M-LANTAS

    Digunakan untuk pelaporan situasi lalu – lintas secara elektronik dan bersifat realtime. Program ini pun terintegerasi dengan aplikasi lainnya seperti SIMOBO, Website RTMC Polda Jabar, serta berbagai media social. Sehingga informasi dapat disebar / broadcast ke khalayak.

    Selain itu, program ini dapat digunakan pimpinan kepolisian untuk melakukan plotting dan positioning personil melalui GPS, yang memudahkan untuk melakukan pemetaan Pos tetap dan Pos dinamis, serta daerah – daerah rawan macet dan laka - lantas.

    2.  T – Drive

    Merupakan teknologi tracking kendaraan melalui GPS, yang terintegrasi dengan M – LANTAS. Dengan ini, kapan pun diperlukan, RTMC dapat dengan cepat melakukan pencarian kendaraan patrol (Misal: ketika dibutuhkan untuk menangani suatu kejadian).

    3.   V – Meet

    Teknologi Video Conference yang dapat digunakan secara mobile, untuk memberikan fleksibilitas dalam melakukan fungsi kordinasi dan komando.

    4.  SMS Gateway

    Merupakanlayanan public yang diselenggarakan Ditlantas Polda Jabar dengan beberapa jenis layanan sebagai berikut:

    a.  SMS REGIDENT (Prenium)

    Adalah layanan berbayar yang dapat digunakan masyarakat untuk meminta data kendaraan melalui pesan singkat. Dengan menghubungi *500*911#

    b.  Location Based Service (LBS)

    Merupakan layanan berbasis SMS yang diselenggarakan Ditlantas Polda Jabar sebagai salah satu bentuk pelayanan informasi terkait kondisi yang ada di suatu wilayah.

    c.  Layanan Informasi berbasis SMS lainnya

    Merupakan bagian penyampaian pesan keamanan, keselamatan, dan ketertiban lalu – lintas. Dengan beberapa layanan seperti: Kampanye Kamseltibcar, Pengingat habisnya masa berlaku SIM, pengingat habisnya Pajak dan masa berlaku STNK, Pengingat waktu siding tilang, dan informasi lainnya.

    IV.   Game Matematika Lalu – Lintas

    Merupakan program Dikmas Lantas berupa permainan ketangkasan dan keterampilan yang bertujuan memberikan pengetahuan yang memperkenalkan profil Polantas berdasarkan jenjang kepangkatan maupun pendidikan di Kepolisian. Serta memberikan pengetahuan tentang rambu – rambu lalu – lintas sejak dini.

    Hadir pada peluncuran Program Unggulan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Jawa Barat, Wakapolda Jabar M. Taufik, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol AR Yoyol, Para pakar transportasi,  pangdam III Siliwangi, Pejabat Polda Jabar, para Perwira Polri.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus