Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Upacara Bendera Peringatan HUT RI Ke-70 Tk.Prov. Jabar

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13593.jpg

    BANDUNG-Upacara bendera dalam rangka Peringatan HUT RI Ke-70 Tingkat Provinsi Jawa Barat, berlangsung di lapangan Gasibu Bandung, Senin (17/8). Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bertindak sebagai inspektur upacara. Sedangkan yang bertindak sebagai komandan upacara, yaitu Widodo, A.Md AKBP, Kader Gegana Satbrimob Polda Jabar.

    Upacara yang tepat dimulai pada Pukul 9.20 Wib, diawali dengan mengibarkan Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) dalam formasi 17-8-45. Usai pengibaran bendera pada pukul 10.10 dibunyikan sirine oleh inspektur upacara sebagai tanda "mengheningkan" cipta yang menurtut Gubernur dalam kata-katanya diutama untuk para pejuang priklamasi.

    Acara dilanjutkan dengan pembacaan naskah-naskah yang meliputi naskah Teks Pancasila, Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan Naskah teks Proklamasi.

    Pembacaan naskah Teks Pancasila dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat. Pembacaan naskah Teks Pembukaan Undcang-Undang Dasar 1945 oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dan untuk naskah teks Proklmasi dibacakan oleh Ketua DPRD Prov. jabar.

    Usai pembacaan naskah-naskah, dilanjutkan dengan sambutan inspektur upacara. Upacara formal diakhiri dengan pembacaan doa oleh para pemuka agama resmi yang ada di Indonesia, dengan pembacaan doanya dipimpinan oleh Ketua Majelis Ulama Jawa Barat.

    Paduan suara Universitas Pajajaran Bandung, mempersembahkan empat buah lagu perjuangan mengisi waktu rehat bagi para peserta upacara sebelum peserta upacara dibubarkan.

    Sementara sebelum dimulainya upacara bendera telah berlangsung "sosio drama" yang menggambarkan perjuangan pahlawan dahulu dalam merebut kembali Kota Bandung, setelah dilakukan "Bandung Lautan Api". Ratusan pelaku sosiodrama berperan memperagakan perjuangan para pahlawan terdahulu dalam merebut Kota Bandung. "Kemenangan" tercipta, dan dikumandangkanlah lagu Halo-Halo Bandung.

    Mengakhiri seluruh rangkaian acara dalam rangka Peringatan HUT RI Tingkat Provinsi Jawa Barat, Gubernur Ahmad Heryawan melepas konvoi penggemar motor vespa antik se-Jawa Barat, di Jl. Dipenogoro Bandung. Konvoi Vespa Antik melalui jalan-jalan protokol di Kota Bandung.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus