Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tak Ada Pemotongan, RPH Merugi

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13528.jpg

    BANDUNG- Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Bandung mengalami kerugian yang cukup besar akibat tidak adanya aktivitas pemotongan hewan sebagai dampak dari terus melambungnya harga daging sapi di pasaran yang saat ini menyentuk Rp130 ribu per kilogramnya.

    Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DistanKP) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, kerugian yang dialami RPH saat ini mencapai Rp3 juta per hari.

    “Karena tidak ada aktivitas pemotongan sapi sama sekali, RPH Pemkot Bandung mengalami kerugian setiap harinya sekitar Rp 3 juta atau jika ditotalkan sampai masa mogok pedagang sapi yakni 5 hari maka kerugian sekitar Rp 15 juta,” ucapnya.

    Menurut Elly, akibat kondisi ini pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bandung dari kegiatan RPH yang saat ini ditargetkan mencapai Rp2 miliar sulit untuk dicapai.

    “Target PAD tahun ini mencapai angka Rp 2 miliar, kalau tidak ada pemotongan maka kerugian kali ini cukup luar biasa, rincian misal 1 hari 100 ekor dipotong x biaya pemotongan sebesar Rp30.000 menjadi Rp 3 juta/hari, atau total 5 hari x Rp 3 juta ditotal menjadi Rp 15 juta,” tuturnya. 

    Elly menyatakan, kendati tada aksi mogok pedagang sapi, pihaknya tetap membuka RPH bagi siapapun masyarakat masyarakat Kota Bandung maupun  luar Bandung yang mau memotong sapi atau domba.

    “Petugas setiap hari berada dilokasi RPH dan selalu siap, akibat adanya aksi pemotongan sapi di RTH di Bandung mengalami penurunan dari biasanya 100 ekor sapi per hari sekarang hanya 90-92 ekor sapi,” katanya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus