Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Alhamdulillah, BPIH 2015 Turun

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12032.jpg

    BANDUNG-Kabar baik bagi calon jamaah haji tahun 2015. Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini akhirnya disepakati pada nominal rata-rata USD 2717, atau turun 502 Dollar dibandingkan tahun lalu.

    “Setelah berminggu-minggu rapat, mengkoreksi berbagai komponen biaya yang kami yakin bisa direvisi, maka pada menjelang subuh Rabu ini panja BPIH bersama Kementrian Agama berhasil menyepakati besaran BPIH tahun 2015 di angka USD 2717,” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ledia Hanifa Amaliah dalam siaran persnya yang diterima jabarprov.go.id, Jum’at (24/4).

    Penurunan BPIH sebesar 502 Dollar Amerika dari nilai tahun lalu yang mencapai nominal 3219 USD didapat dari efisiensi direct dan indirect cost.

    “Selama ini, kami di Komisi VIII memang melihat ada beberapa komponen baik dari Direct Cost maupun Indirect Cost yang bisa direvisi untuk  mengalami penurunan, namun dengan tidak menurunkan kualitas pelayanan. Dua faktor utama yang menjadi penurun biaya cukup besar adalah soal biaya penerbangan dan pemondokan.” Jelas aleg PKS ini lagi

    Ledia mengingatkan kembali bahwa tren penurunan harga minyak dunia jelas mempengaruhi biaya avtur dalam penerbangan. “Logika sederhanya, kalau harga minyak turun, bahan bakar lebih murah, biaya penerbangan harus bisa turun juga, kan.” Ucapnya retoris.

    Begitu pula dengan soal pemondokan. “Semakin jauh area pemondokan dari Masjidil Haram atau Masjid Nabawi tentu akan semakin murah. Mengingat saat ini di Arab Saudi sedanga ada renovasio besar-besaran di sekitar kedua masjid tersebut, pemondokan yang diterima jamaah Indonesia memang cenderung menjauh. Maka kami minta agar dikuatkan negosiasi harga agar bisa lebih murah. Tentu syarat utama tetap dipenuhi. Fasilitas tidak berkurang dan jarak tetap dalam ukuran di Mekah tidak lebih dari 2km dan di Madinah tetap berada di areal Markaziyah.”

    Di luar dua hal utama itu, beberapa aksi efisiensi juga dilakukan terkait biaya layanan kloter, biaya transportasi, biaya manasik, biaya akomodasi embarkasi dan beberapa hal lain.

    Selain bersyukur karena BPIH tahun ini bisa disepakati turun, Ledia sangat berharap bahwa pembahasan demi pembahasan BPIH tahun 2015 ini bisa menjadi batu loncatan bagi pemerintah untuk merapikan komponen APBN 2016 sekaligus bersegera menindaklanjuti  implementasi  Undang-undang No 34 tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Haji yang diantaranya mengamanahkan pembentukan Badan Pengelola Keuangan Haji. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus