Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub : Delineasi Geopark Ciletuh

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10700.jpg

    BANDUNG–Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengungkapkan terkait dengan pengembangan Geopark (Taman Alam) Ciletuh yang terletak kurang lebih 30KM di sebelah selatan Pelabuhan Ratu, delineasi atau penentuan batas wilayah area Geopark Ciletuh merupakan langkah awal yang harus dilakukan.

    Pada pertemuan dengan Tim Peneliti dari Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjajaran di Gedung Sate Bandung, Jumat (23/01), Deddy menuturkan bahwa delineasi tersebut akan dilaksanakan mulai tahun ini, melalui kerjasama antara Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di bawah koordinasi Fakultas Teknik Geologi Unpad.

    “Langkah awalnya itu delineasi, untuk menentukan batasnya sejauh mana. Seberapa luas area Geopark Ciletuh ini”, ujar Deddy ditemui usai pertemuan.

    Deddy menambahkan, selain delineasi, diperlukan pula pendalaman gambaran yang lebih lengkap dan merinci, guna mengenal potensi yang ada. Selain itu, perlu dibuat event internasional, seperti bidang olahraga dan sebagainya, untuk mempromosikan Geopark Ciletuh.

    “Kita juga akan membuat rancangan galeri, yang dikembangkan menjadi museum, sebagai pusat informasi, dan sekaligus juga merancang kesiapan masyarakatnya”, papar Deddy.

    “Jadi ada geodiversity, biodiversity, dan bioculture”, lanjutnya.

    Tak tanggung-tanggung, Deddy berencana untuk mempresentasikan potensi unik batuan tertua di Pulau Jawa berumur 41-60 juta tahun ini di hadapan para kepala negara pada acara peringatan napak tilas Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Afrika April 2015 mendatang.

    “Kita ingin langsung kenalkan Ciletuh kepada kepala negara Asia Afrika, sebagai geopark bertaraf internasional”, pungkasnya.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus