Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov. Jabar Dorong Percepatan Pemberantasan Buta Huruf

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10039.jpg

    BANDUNG. Pemprov. Jabar, dalam rangka percepatan pembangunan pendidikan,  mendorong percepatan pemberantasan buta huruf. Hal tersebut, mengemuka dalam Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-49 di Lapangan Upakarti, Kabupaten Bandung, Minggu (2/10).

    Wagub, dalam acara tersebut memaparkan  Peringatan HAI, melek huruf perlu terus untuk didorong karena merupakan salah satu indicator indeks kemajuan pendidikan. Dengan pencapaian melek huruf, 
     hak-hak dasar manusia untuk mengatasi kebodohan dan kemiskinan dapat diwujudkan.

    Untuk menyukseskan program tersebut, diantaranya Program Keaksaraan Fungsional  (KF) dengan sasaran penduduk berusia  15 tahun yang masih buta aksara.

    Sejalan dengan dorongan tersebut, Dalam rangka membangun melek huruf, dukungan sarana dan prasarana seperti perpustakaan dan taman baca denganbuku yang proporsional didorong untuk ditambah.

    Wagub, lebih lanjut memaparkan upaya membangun melek huruf peran stakeholder cukup besar antara lain dengan telah terbentuknya : rumah pintar, PKBM dan Kelompok Bermain (Kober). Dengan kondisi ini, Pendidikan Nonformal (PNF), diminta disempurnakan lintas stakeholder dengan memberdayakan masyarakat.

    Dengan langkah-langkah tersebut, pemberantasan penduduk buta aksara yang kini di Jabar tinggal 1,64 persen diminta dapat segera dituntaskan. Untuk percepatannya, Lingkup kerja stakeholder diminta diperluas,  Data masyarakat buta aksara harus jelas dimana masyarakat yang paling banyak buta huruf  diantaranya di Pantura harus menjadi prioritas untuk diselesaikan.

    Dengan kondisi masyarakat buta aksara yang masih mencapai 1,64persen, di Jabar angka buta huruf  masih tinggi sehingga peran  PNF perannya sangat besar . Dengan kondisi ini, perannya patut untuk terus didorong baik kuantitas maupun kualitas. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus