Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

artikel

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Dari Disparbud Jabar sampai Nagita Slavina Upayakan Saung Angklung Udjo Tetap Hidup

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/artikel/gambar_art440.jpg

    Bandung, Jawa Barat – Saung Angklung Udjo merupakan destinasi budaya angklung terbesar di Jawa Barat. Di Saung Angklung Udjo pengunjung dapat melihat pertunjukan orkestra angklung, proses produksi angklung dan pelatihan permainan angklung bagi siswa SD hingga SMA. 

    PR dan Marketing Communication Saung Angklung Udjo, Ahadian Hadikusumah mengatakan pandemi Covid-19 ini berdampak luar biasa pada sektor pariwisata karena adanya pembatasan aktivitas langsung dengan konsumen. 

    “Sebelum adanya pandemi Covid-19 ini Saung Angklung Udjo dapat menampung  600-1000 orang perharinya. Namun, setelah adanya pandemi Covid-19 ini hanya dapat menampung 150 orang perhari.” jelas Ahadian.

    Sebelum pandemi, Saung Angklung Udjo menaungi kurang lebih seribu karyawan meliputi player, talent, pengrajin angklung, pengrajin bambu, kru pendukung dan petani. Namun, saat pandemi nyaris 95% karyawan Saung Angklung Udjo telah dirumahkan sejak awal Maret 2020. Di tahun 2021 jumlah karyawan Saung Angklung Udjo hanya tersisa 20 orang.

    Terdampaknya Saung Angklung Udjo karena pandemi Covid-19 tidak luput dari perhatian Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar) yang terus berkordinasi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk membahas strategi untuk meminimalisir dampak pandemi pada Saung Angklung Udjo.

    Selain itu Disparbud Jabar juga memberikan bantuan berupa sembako kepada karyawan Saung Angklung Udjo (termasuk yang sudah dirumahkan). 

    Selain dari Disparbud Jabar, dukungan terhadap Saung Angklung Udjo datang dari public figure seperti Melly Goeslaw dan Nagita Slavina yang melakukan penggalangan dana melalui kitabisa.com untuk  Saung Angklung Udjo.

    Dibalik dahsyatnya dampak pandemi Covid-19, Saung Angklung Udjo tidak serta merta menghentikan langkahnya untuk berinovasi. Salah satu inovasi yang dibuat oleh Saung Angklung Udjo adalah membuat paket virtual performance sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh bagi sekolah ataupun corporate

    Ahadian menjelaskan, Saung Angklung Udjo sangat mendukung program vaksinasi nasional. Program vaksinasi nasional dianggap mampu mengembalikan rasa percaya dan rasa aman masyarakat untuk dapat berwisata di Saung Angklung Udjo, tentunya dengan protokol kesehatan. 

    “Ketika vaksin ini telah didistribusikan dengan merata kepada masyarakat dibarengi dengan regulasi dan kebijakan yang sesuai (maka) sudah ada trust  masyarakat itu sendiri untuk kembali berwisata dengan nyaman dan aman yang tentunya mengikuti penerapan protokol kesehatan yang ada.” ujar Ahadian Hadikusumah.

           
           

    Artikel Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus