Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

artikel

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wisata Museum Edukasi Berteknologi Terkini di Tanah Purwakarta

    https://www.jabarprov.go.id/assets/images/artikel/gambar_art439.jpg

    Purwakarta, Jawa Barat – Berkunjung ke museum identik dengan penyajian etalase-etalase klasik yang cenderung membosankan. Namun tidak dengan beberapa museum yang ada di tanah Purwakarta. Di sini, wisata museum ditampilkan menarik dengan menggunakan teknologi masa kini. Tidak sekedar berwisata, tempat ini juga menyajikan informasi yang edukatif. 

    Museum edukatif dengan dukungan teknologi yang canggih dapat menarik pengunjung. Oleh karena itu, Purwakarta menyajikan beberapa museumnya dengan suasana baru yang tidak membosankan. Pengunjung dapat berwisata sambil belajar dengan cara yang lebih menyenangkan. Ada beberapa wisata edukasi berteknologi tinggi di Purwakarta yang menarik untuk dikunjungi, berikut ini rangkumannya :
     
    1. Bale Panyawangan – Diorama Nusantara
    Bale Panyawangan Diorama Nusantara merupakan museum sejarah nusantara. Letaknya cukup strategis, berada di pusat kota sangat dekat dengan Stasiun Purwakarta.
    Museum ini berisi sejarah Nusantara mulai dari zaman prasejarah, kerajaan, penjajahan, kemerdekaan, hingga situasi sejarah masa kini disajikan dengan berbagai media digital seperti video mapping, layar sentuh, buku digital dan bisa jalan-jalan melalui media virtual menggunakan kereta kencana.

    2. Bale Panyawangan – Diorama Purwakarta
    Bale Panyawangan Diora Purwakarta merupakan museum sejarah purwakarta yang letaknya bersebelahan dengan Diorama Nusantara.
    Museum yang dikemas dengan teknologi digital ini berisi sejarah tatar sunda, sejarah nasional, sejarah Purwakarta, biografi Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta dari masa ke masa.

    3. Bale Indung Rahayu
    Bale Indung Rahayu merupakan museum yang memiliki arti nama “Tempat Kemuliaan Ibu”. Museum ini terletak di Jl.RE Marthadinata Negeri Tengah, Kec. Purwakarta Kabupaten Purwakarta.
    Museum yang ditata dengan estetika dan teknologi digital tersebut menceritakan perjalanan hidup manusia dari mulai dalam kandungan sampai akhir hayat dan menjelaskan peran seorang ibu yang penuh pengorbanan merawat anak dengan sentuhan budaya sunda.

    4. Galeri Wayang
    Bagi para wisatawan yang ingin mendapatkan berbagai informasi mengenai sejarah wayang nusantara di Purwakarta ada tempat yang tepat yaitu Galeri Wayang, yang berlokasi di Negeri Kidul, Kabupaten Purwakarta.
    Selain itu juga tersedia wayang dari berbgai daerah di Nusantara diantaranya: Wayang Betawi, Wayang Cepak Cirebon, Wayang Suket atau wayang yang terbuat dari ilalang.

    Apabila kita ingin berkunjung dan menjelajahi semua wisata museum edukasi tersebut, pemerintah kabupaten Purwakarta tidak memungut biaya sepeserpun alias gratis. Kapan lagi berwisata edukatif dan juga bisa menambah wawasan? Yuk,datang ke Purwakarta Jawa Barat!

    (Izmiya)

           
           

    Artikel Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus